Marketing Tren 2021: Berbisnis dan Bersaing di Tahun yang Baru samueldim April 16, 2021

Marketing Tren 2021: Berbisnis dan Bersaing di Tahun yang Baru

Ilustrasi: freepik.com (@freepik)

Berbisnis di tengah pandemi merupakan salah satu alternatif guna menghadapi sulitnya roda ekonomi saat ini. Selain itu, peluang yang disajikan pun tidak sedikit dan kerap kali mendapat keuntungan yang berlimpah. Namun untuk memulai ataupun mengembangkan bisnis di era yang tengah berkembang pun tak bisa sembarangan. Diperlukan beberapa teknik khusus agar dapat bersaing dengan kompetitor. Sehingga salah satu teknik yang dapat diterapkan adalah dengan memperhatikan teknik marketing. Cukup banyak teknik-teknik marketing yang telah diterapkan oleh berbagai pebisnis saat ini, seperti Influencer, Artificial Intelligence, dan Big Data. Namun sejatinya masih terdapat berbagai teknik marketing lain yang akan menjadi tren pada 2021. Berikut beberapa prediksi marketing trend 2021 beserta penjelasannya!

1. Chatbot

Merupakan sebuah program berbasis AI yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan layaknya manusia secara langsung dengan konsumen. Hadirnya chatbot tentu memberikan keuntungan baik baik pembeli maupunpenjual. Hal tersebut dikarenakan pembeli dapat berinteraksi (bertanya) secara langsung dan mendapatkan respon saat itu juga. Sedangkan bagi penjual, mereka dapat mengurangi tenaga dan waktu untuk membalas pesan dari pembeli. Telkomsel, BRI, dan XL merupakan salah satu bisnis yang telah menerapkan fitur tersebut

2. Video Marketing

Berdasarkan laman tempo.co, sembilan puluh persen masyarakat Indonesia gemar untuk menonton daripada membaca. Sehingga Video Marketing menjadi tren yang tak dapat dilupakan begitu saja. Pasalnya, konsumsi video terus meningkat setiap tahun dan turut digunakan sebagai alat pemasaran sejak tahun lalu. Berbagai platform pun turut hadir sebagai tempat promosi sebuah produk, seperti: YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok sekalipun.

3. User Generated Content (UGC)

Biasanya berbagai hal terkait pemasaran tentu dilakukan oleh brand itu sendiri. Namun berbeda dengan tren satu ini. Pasalnya yang melakukan promosi bukanlah brand tersebut, melainkan konsumen dari brand tersebut yang melakukannya. Hal itu dikarenakan banyak diantara kita yang sangat gemar menerima tantangan juga hadiah berupa giveaway. Oleh karena itu, tak sedikit pebisnisyang mengadakan sebuah challenge dengan menyiratkan sebuah pesan berupa promosi dari brand tersebut. Selain itu, marketing tren satu ini dapat menjalin relasi interaksi yang baik dengan konsumennya.

4. Augmented Reality (AR)

Ingatkan kalian dengan permainan Pokemon Go yang sempat viral beberapa tahun yang lalu? Ya, permainan tersebut banyak digemari karena memberikan pengalaman yang berbeda khususnya dari segi cara bermain. Dengan memadukan dunia nyata dengan dunia virtual menjadi poin lebih dari marketing tren satu ini. Pasalnya, kita dapat memanfaatkannya guna meningkatkan User Experience (UX) sehingga konsumen dapat berinteraksi langsung dengan produk yang kita miliki. Berbagai bisnis yang telah menerapkan AR dalam bisnisnya, seperti: KCMTKU dengan fitur Virtual Try-on dan Ikea dengan fitur Ikea Place.

Sebenarnya masih terdapat beberapa prediksi marketing trend 2021, seperti: Visual Search, Voice Search, Social Media Stories, Omnichannel Marketing, hingga Blockchain Marketing sekalipun. Meskipun begitu kita sebagai pebisnis maupun calon pebisnis tidak perlu merasa ragu atau khawatir. Karena sejatinya marketing tren tersebut akan terus silih berganti dari tahun ke tahun. Sehingga salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah terus mempelajari hal-hal baru dan tak mudah putus asa. Jadi, sudah siapkah kalian untuk bersaing pada 2021 mendatang? (jr)