Berhasil Jaga Fokus, Dua Mahasiswa FH UBAYA Menangkan Lomba Semarang Open Taruna Challenge Championship 2024 laurentiusivan October 11, 2024

Berhasil Jaga Fokus, Dua Mahasiswa FH UBAYA Menangkan Lomba Semarang Open Taruna Challenge Championship 2024

Prestasi gemilang datang dari Ananda Caraka Ishvara dan Jennifer Alexa, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Surabaya. Keduanya berhasil berlaga apik di Open Taruna Challenge Championship 2024 pada 27-29 September kemarin. Sepasang perwakilan klub renang Catalina Surabaya ini mengaku senang dan bangga, sebab kerja kerasnya bersaing di tingkat nasional akhirnya terbayar lunas dan memuaskan.

Caraka, sapaan akrabnya, mengatakan kesuksesannya merupakan buah dari hasil kerja keras dan konsistensinya selama berlatih setiap pagi dan sore guna mempersiapkannya selama satu bulan. Meskipun harus berlatih setiap hari Senin-Sabtu pagi dan sore, ia mengaku kuliahnya tidak terganggu dengan jadwal latihannya sebab sikap disiplin dan fokus yang diterapkannya. Ia menambahkan, tantangan terbesar baginya adalah tetap fokus pada pertandingan. “Persiapannya latihan pagi-sore, setiap Senin-Sabtu latihan pagi dan sore. Kita free hari Minggu untuk rest day. Tantangannya justru saat di lombanya yang perlu menjaga fokus, karena lombanya dari jam 8 pagi sampai 11 malam, yang dewasa dari sore sampai malam,” ujarnya.

Sementara itu, Alexa menyatakan pentingnya kemampuan kelola fokus dan mental adalah kunci keberhasilannya pada pertandingan. Mengingat, kompetisi ini berada di tingkat nasional dan diikuti kompetitor dari luar Surabaya. Terlebih, ia mengalami kejadian jatuh sebanyak dua kali saat mempersiapkan blok tolakannya. Namun, ia memilih bangkit dan tetap fokus pada pertandingan, bukan pada rasa sakitnya. “Tantangannya pasti kompetitor dari luar Surabaya, karena ini se-Indonesia, jadi lebih berat. Ditambah sempat jatuh dua kali. Yang pertama sempat terkilir, yang kedua jatuh duduk. Tapi sudah gak kerasa sakitnya, karena udah fokus ke pertandingan,” tambahnya.

Keduanya mengaku termotivasi untuk mengikuti pertandingan serupa lainnya. Caraka mengajak sivitas akademika Ubaya, khususnya mahasiswa untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dan mencari kegiatan positif sebanyak mungkin. “Pesan untuk mahasiswa Ubaya, saya ingin memotivasi teman-teman lain. Sebelumnya, saya memang hanya mahasiswa biasa, lalu cari kegiatan, mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat, gak cuma nongkrong aja,” bubuhnya.

Sementara itu, Alexa membagikan pengalaman dan sikap yang diambilnya saat mengikuti kejuaraan tersebut. Baginya, sikap yang tepat saat bertanding adalah tenang, percaya diri, tetap fokus untuk mempersiapkan mental yang kuat, dan terapkan mindset “nothing to lose” bahwa menang atau kalah adalah hal yang wajar. “Kalau ada mimpi, dikejar, harus kuat mental, harus latihan serius. Selama lomba, saya mikirnya nothing to lose gitu aja, pokoknya gak ke-PD-an, tetapi juga gak insecure,” lugasnya. (sha)

Berikut profil kedua mahasiswa pemenang Juara 1 Semarang Open Taruna Challenge Championship
27-29 September 2024:

– Jennifer Alexa K (120123126) Prodi Hukum, Fakultas Hukum
Asal sekolah : SMA Xin Zhong Surabaya
Prestasi : Medali emas lomba 100m gaya kupu-kupu senior putri dan 200m gaya ganti
perorangan senior putri
– Ananda Caraka Iswara (120124901) Prodi Hukum, Fakultas Hukum
Asal sekolah : SMAN 3 Surabaya
Prestasi : Medali perak 1500m gaya bebas