Padukan Budaya Indonesia dalam Satu Look laurentiusivan August 21, 2024

Padukan Budaya Indonesia dalam Satu Look

SURABAYA – Sederet manekin tertata rapi di dekat atrium Tunjungan Plaza 6 sejak 1 Agustus lalu. Setiap manekin menampilkan desain baju bernuansa merah putih avant-garde dalam lomba yang digelar Indonesia Fashion Chamber menjelang Surabaya Fashion Parade 2024.

Setiap peserta berlomba-lomba menghasilkan karya yang menarik. Salah satunya tim dari Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Surabaya (Ubaya). Tim yang terdiri atas Intan Olivia, Nadine Claribelle, dan Joline Angelique itu membuat desain bertajuk Women of Valor. Saat dijumpai di lokasi pada Minggu (11/8) lalu, mereka mengatakan bahwa karya tersebut terinspirasi dari berbagai budaya di Indonesia. Khususnya Minangkabau.

Hal itu tampak jelas dari atap rumah tradisional Minang yang diterapkan pada headpiece. Tari piring yang juga khas Minang dituangkan dalam bagian lengan dari cape tersebut. Yakni, berbentuk piring yang disusun. “Kami buat kerangkanya dari kawat, lalu dilapisi kain organza,” kata Intan.

Karya tersebut dibuat dari 85 persen bahan sustainable. Hampir seluruh kainnya merupakan kain perca, termasuk kain batik pada detail headpiece. (adn/c6/tia)

Sumber : Jawa Pos