Sistem Informasi Ubaya Beri Pelatihan Desain Profesional ke Perhutani laurentiusivan August 14, 2024

Sistem Informasi Ubaya Beri Pelatihan Desain Profesional ke Perhutani

Kebutuhan untuk memvisualisasikan data menjadi infografis kian dibutuhkan di perusahaan. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) menjawab kebutuhan itu dengan memberikan pelatihan desain presentasi profesional kepada Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur pada Kamis (25/7/2024) lalu. Peserta datang dari seluruh KPH Perhutani di Jawa Timur asal Ngawi sampai Banyuwangi.

Ketua Program Studi Sistem Informasi Ubaya, Dhiani Tresna Absari, M.Kom., mengatakan pelatihan ini sangat penting bagi sebuah entitas pemerintahan maupun bisnis. Presentasi yang menarik dapat meningkatkan kesan positif bagi perusahaan. “Oleh karena itu bagi akademisi, bisa dijadikan bahan mata kuliah tersendiri untuk membuat presentasi yang baik. Kami yakin akan berguna bagi banyak instansi,” ujarnya.

Pelatihan dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama adalah penyampaian materi visualisasi data dalam bentuk grafik pada spreadsheet. Sesi dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang desain grafis untuk presentasi perkantoran. Peserta membuat proyek presentasi sebagai evaluasi pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan.

Sekretaris Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Bima, mengatakan diadakannya pelatihan ini membantu meningkatkan dan memberdayakan keterampilan merancang bahan presentasi yang unggul menguasai seni mengolah data. “Dari materi yang dipaparkan, kami dapat menyampaikan bahan  presentasi yang memikat audiens serta membuat presentasi yang menonjol dan mudah dipahami,” ungkapnya. (el)