Ubaya Latih Guru dan Siswa SMA Menulis Karya Ilmiah laurentiusivan July 29, 2024

Ubaya Latih Guru dan Siswa SMA Menulis Karya Ilmiah

Universitas Surabaya (Ubaya) melalui Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah untuk guru dan siswa SMA dari 35 sekolah di Surabaya. Kegiatan diadakan pada Kamis (18/7/2024) di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi, Kampus Ubaya Tenggilis.

Direktur Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (PPI Ubaya), Thomas Sixtus Iswahyudi Hari Widodo, S.Sos., M.Si. pelatihan ini merupakan bentuk corporate social responsibility (CSR) Ubaya dengan tujuan memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan guru dan siswa dalam penulisan karya ilmiah. “Ini pertama kalinya PPI mengadakan pelatihan untuk guru dan siswa SMA. Harapannya acara ini bisa terus diselenggarakan dan mengundang lebih banyak sekolah,” ujarnya.

Materi dibawakan oleh Dosen Fakultas Psikologi, Dr. Setiasih, Psikolog. Sedangkan untuk siswa disampaikan oleh Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Dr. Bonnie Soeherman. Salah satu materi yang disampaikan adalah terkait struktur penulisan karya ilmiah. “Dalam karya ilmiah menggunakan kata-kata baku, impersonal, dan bentuknya pasif. Hal ini perlu dibiasakan ketika menulis,” jelas Setiasih.

Salah satu peserta, apt Yudith Febby M., S.Si., M.M., mengaku acara ini memotivasinya untuk membuat karya ilmiah dengan tema yang berkaitan dengan kemajuan sekolahnya, yakni SMK Farmasi Surabaya. “Pembicara benar-benar memperbarui pemikiran saya yang awalnya beranggapan karya ilmiah itu sulit dan ribet menjadi menulis karya ilmiah itu bisa dimulai dari apa yg ada di sekitar kita, di teliti dan segera dibukukan sesuai dengan kaidah jurnal ilmiah. Sesimpel itu. Terima kasih Ubaya sudah mengundang kami mengikuti acara ini. Semoga ke depannya banyak acara-acara yang bisa membantu kami para guru untuk memajukan sekolah,” ungkapnya. (el)