Dosen dan Mahasiswa Ubaya Bantu Bantu Penggiat Ecoprint Melalui Aplikasi laurentiusivan July 19, 2024

Dosen dan Mahasiswa Ubaya Bantu Bantu Penggiat Ecoprint Melalui Aplikasi

Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) membantu pengembangan bisnis Ecoprint yang dilakukan oleh paguyuban Ijem Remen Kalidami VI Surabaya. Mereka membagikan materi serta insight mengenai banyak hal, khususnya manajemen media sosial serta manajemen operasional. Pertemuan dilakukan pada Sabtu (6/7/2024).

Pada pertemuan kali ini, mahasiswa yang terlibat dalam tim antara lain Marco Antonio Jose Yohanes,  Albert Ray Kurniawan, Ivan Jonston Paulus, Vegasanti Wijaya, dan Graviella Angelique Aretha Nugroho. Dr. Erna Andajani selaku ketua tim mengatakan program ini telah berhasil meluncurkan beta version dari aplikasi penjadwalan yang diproduksi oleh teman-teman mahasiswa bersama dosen pembimbing, Bobby Ardiansyahmiraja, M.MT. “Ibu-Ibu kini dapat melakukan penjadwalan produksi secara efisien dengan bantuan sistem serta memantau stok dalam paguyuban secara lebih sistematis. Kami akan terus menyediakan aplikasi serta bantuan teknologi,” jelasnya.

Salah satu mahasiswa, Marco Antonio Jose Yohanes, menyebut materi tentang manajemen operasional juga disampaikan untuk menekankan pentingnya guyub bahu-membahu dalam kerja sama tim namun sistematis agar mampu mencapai tujuan bersama. “Materi manajemen operasional menekankan pada pentingnya integrasi dalam gabungan UMKM. Tim Ubaya berkomitmen untuk terus mendukung seluruh kebutuhan ibu-ibu Kalidami dalam seluruh aktivitas bisnisnya. Together, Each Achieves More,” ungkap Marco, sapaan akrabnya.

Bu Indri, perwakilan Ijem Remen, juga berbagi pengalaman dan pandangan dari para pengrajin. “Kami menghadapi tantangan dalam memasarkan produk. Kami harap tim Ubaya dapat membantu kami mengatasi tantangan tersebut,” ujarnya.