Mahasiswa Ubaya Wakili Indonesia di AUG 2024 Cabor Wushu laurentiusivan June 27, 2024

Mahasiswa Ubaya Wakili Indonesia di AUG 2024 Cabor Wushu

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Mahasiswa Ubaya mewakili Indonesia ajang Asean University Games (AUG) 2024 cabang olahraga Wushu yang digelar di Ubaya Sports Center, Kampus Ubaya Tenggilis.

Pada laga hari pertama, Kamis (27/6/2024), tiga mahasiswa Ubaya unjuk kebolehan.

Ketiganya Rainer Reinaldy Ferdiansyah, turun kategori Men/Women Taijiquan. Seraf Naro Siregar dan Jeremiah Mathias Muntu kategori Men Daoshu.

Jeremiah Mathias Muntu, mengatakan ini pertama kalinya mengikuti Asean University Games.

Sebelumnya, Mahasiswa Fakultas Psikologi Ubaya tersebut mengikuti kejuaraan ajang Pra-PON 2023, juga pertandingan internasional di Rusia. Ajang AUG tahun ini ia bertanding Cabor Wushu kategori Daoshu.

“Ini pertama kali saya ikut yang Asia, jadi saya mau berikan yang terbaik untuk Indonesia juga untuk Ubaya. Target medali emas,” kata Jeremiah Mathias Muntu, Kamis (27/6/2024) pagi.

Ambisi sama juga disampaikan oleh Rainer Reinaldy Ferdiansyah, mahasiswa baru Fakultas Industri Kreatif Ubaya.

Rainer Reinaldy Ferdiansyah memiliki bekal penting, pernah mengikuti kejuaraan wushu di Macau dan pertandingan internasional lainnya. Termasuk mendapat medali emas di Pra PON 2023.”Sebelumnya saya mengikuti kategori yang junior. Untuk AUG ini, saya sudah lebih naik level ke senior. Jadi mungkin teknik dan mentalnya lebih dilatih ditingkatkan,” ungkap Rainer.

Seraf Naro Siregar yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Ubaya juga akan berlaga pada kategori Daoshu di hari pertama pertandingan Cabor Wushu AUG 2024.

Ia telah banyak mengikuti kejuaraan wushu putra tingkat dunia. Beberapa diantaranya medali perak pada World Combat Games di Riyadh Arab Saudi, juga meraih perunggu di Asian Games 2023 serta medali emas pada SEA Games 2021.

Wakil Rektor III Ubaya Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. apt. Christina Avanti, mengatakan Ubaya merasa terhormat mahasiswanya menjadi perwakilan Indonesia di ajang internasional.

“Ubaya juga terhormat bisa menjadi tuan rumah untuk salah satu pertandingan di ASEAN University Games ini. Kami tetap berkomitmen memberikan fasilitas terbaik dan mendukung suksesnya AUG,” ungkap Christina Avanti.

Selama bertanding, tambah Christina Avanti, Ubaya memberikan dukungan berupa beasiswa, dispensasi kuliah, surat tugas, dan biaya studi yang berfokus pada prestasi olahraga.Calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi sebagai atlet berkesempatan mendapatkan beasiswa hingga 100 persen yang bisa digunakan untuk mendaftar jurusan di Ubaya.

ASEAN University Games merupakan pentas olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet mahasiswa dari perguruan tinggi negara-negara anggota ASEAN.

Universitas Surabaya (Ubaya) dipilih menjadi venue cabang olahraga Wushu dan Bridge yang diadakan pada 26-30 Juni 2024.

“Semoga semua peserta dapat berlaga dengan semangat sportivitas tinggi dan menikmati suasana kompetisi di kampus kami,” pungkasnya.

Berikut jadwal pertandingan Cabor Wushu AUG 2024 hari pertama.

Jumat, 28 Juni 2024
(09.00-11.00) : Men-Women Changquan dan Men-Women Nanquan
(11.30-12.00) : Victory Ceremony
(14.00-17.00) : Women Category 48kg, 52kg, 56kg, 60kg dan Men Category 60kg, 65kg, 70kg

Sumber : Tribun News