Tips Bagi Gen Z Hadapi Society 5.0 laurentiusivan June 24, 2024

Tips Bagi Gen Z Hadapi Society 5.0

Baru-baru ini generasi Z (Gen Z) menjadi sorotan publik karena memiliki karakter yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Gen Z yang lahir di masa kemajuan teknologi dinilai perlu memiliki skill kompeten agar bisa menangkap peluang karier ke depannya. Hal ini pun dibahas secara detail oleh Dr. Deddy Marciano saat seminar “Business and Career Opportunities in 5.0 Society for Gen Z” pada Jumat (14/6/2024) di Ubaya West Campus.

Ketua Program Studi Manajemen Universitas Surabaya (Ubaya) itu mengawali materinya dengan menampilkan data pekerjaan yang akan hilang di masa depan. “Sebanyak 83 juta pekerjaan akan hilang tahun 2023-2027. Tapi akan ada 69 pekerjaan baru yang sebelumnya belum ada. Ini menunjukkan perubahan terjadi begitu cepat di zaman generasi Z memasuki usia produktif,” terangnya.

Berbicara mengenai society 5.0, Deddy mengatakan ini adalah masa super smart society dimana hidup menjadi sangat nyaman. Ciri-ciri society 5.0 adalah semua barang bisa terkoneksi ke internet (Internet of Things), akses informasi sangat mudah, dan berkembangnya robot dan AI (artificial intelligence). Melihat fenomena ini, ia menyebut Gen Z perlu memikirkan skill apa yang tidak bisa digantikan oleh AI dan robot.

“AI dan robot hanya membantu pekerjaan manusia, namun tidak bisa memberi solusi. Untuk itu, Gen Z harus punya critical thinking untuk bisa menghasilkan solusi pada sebuah masalah. Agar solusi tersebut bisa digunakan di masa depan, harus dibarengi dengan skill creative thinking,” imbuh Deddy.

Menanggapi materi ini, ada pertanyaan dari salah satu peserta bernama Brave yang bertanya, “Apa dampak dari hilangnya 83 juta pekerjaan terhadap pertumbuh ekonomi?”. Deddy pun menjawab bahwa pekerjaan yang hilang akibat digantikan robot sebenarnya lebih efektif, efisien, dan murah bila dilihat dari sisi sumber daya perusahaan. Biaya . Sehingga ekonomi bisa berkembang. (el)