Dosen Ubaya Ikuti Pelatihan Keterampilan Penulisan Berita untuk Publikasi Pengabdian Masyarakat laurentiusivan June 21, 2024

Dosen Ubaya Ikuti Pelatihan Keterampilan Penulisan Berita untuk Publikasi Pengabdian Masyarakat

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Publikasi pengabdian masyarakat hingga penelitian membutuhkan peran media massa agar bisa diketahui masyarakat luas.

Untuk memudahkan publikasi di media massa, puluhan dosen Universitas Surabaya mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Berita bersama Harian Surya dan Tribun Jatim Network yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ubaya, Jumat (14/6/2024).

Sekretaris LPPM Ubaya, Dr Hazrul Iswadi SSi MSi menjelaskan publikasi di media massa menjadi poin penting dalam indikasi pengabdian masyarakat yang didanai Kemendikbudristek Dikti.
Berbeda dengan luaran penelitian yang indikator paling besar yaitu berupa artikel ilmiah yang terbit di jurnal bereputasi.

“Sementara di pengabdian poin jurnal tidak terlalu tinggi, tetapi yang lebih penting dampak pada masyarakat. Dan indikatornya yaitu level pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan masyarakat. Dan level indikator ini dipengaruhi juga dengan publikasi di media massa,”ungkapnya saat membuka pelatihan di International Village Ubaya.

Sementara itu, Mujib Anwar, Editorial Online Manager dan Penanggung Jawab TribunJatim.com dalam paparan materi pelatihan menekankan, penulisan berita berbeda dengan penulisan artikel dengan memakai bahasa ilmiah dengan standar tersendiri.

“Dalam penulisan berita mengutamakan fakta sesuai pengamatan detail dan memiliki nilai. Tinggal dipilih saat melakukan pengabdian masyarakat lebih sesuai dengan nilai berita,”tuturnya.

Iapun memberikan tips artikel yang mudah termuat di media massa yaitu membuat artikel yang memuat kelengkapan unsur 5W 1H (apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana) dalam berita dengan menambahkan nilai berita dan narasumber.

Sumber : surabaya.tribunnews.com