Venue ASEAN University Games 2024 di Surabaya dan Malang laurentiusivan June 10, 2024

Venue ASEAN University Games 2024 di Surabaya dan Malang

Surabaya – Perhelatan akbar ASEAN University Games (AUG) 2024 segera digelar, dengan Jawa Timur dipilih menjadi tuan rumahnya. Simak sederet venue AUG 2024 di Surabaya dan Malang.
AUG merupakan ajang kompetisi olahraga untuk para atlet mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di negara anggota ASEAN. Acara ini diadakan setiap dua tahun sekali dengan ASEAN University Sport sebagai pihak penyelenggara sejak 1981.

Gelaran AUG 2024 dijadwalkan terselenggara di dua kota Jatim, yakni Surabaya dan Malang. Ajang olahraga ini berlangsung pada 25 Juni hingga 7 Juli 2024. Pembukaan atau opening ceremony digelar pada 25 Juni 2024 bertempat di Graha Unesa Surabaya, dan dilanjutkan dengan masa kompetisi mulai 26 Juni 2024. Kompetisi akan berakhir pada 6 Juli 2024, yang langsung ditutup dengan closing ceremony di Universitas Negeri Malang.

Sebanyak 4.000 atlet dan ofisial dikabarkan berpartisipasi dalam AUG 2024. Ribuan peserta itu berasal dari 11 negara anggota ASEAN University Sport Council (AUSC). Antara lain Indonesia sebagai tuan rumah, Thailand, Myanmar, Singapura, Filipina, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei, dan Timor Leste.

Sebanyak sembilan universitas di Surabaya dan Malang serta KONI Jatim ditunjuk sebagai venue penyelenggaraan AUG 2024. Venue tersebut digunakan untuk 19 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Venue ASEAN University Games 2024
Ajang olahraga internasional ini menunjuk sembilan perguruan tinggi yang berlokasi di Surabaya dan Malang sebagai venue AUG 2024. Tercatat, ada empat universitas di Malang dan lima perguruan tinggi di Surabaya yang terpilih. Adapun berikut ini daftar venue beserta cabor selengkapnya.

1. Universitas Brawijaya (UB)
– Taekwondo
– Sepak takraw
2. Universitas Negeri Malang (UM)
– Bulu tangkis
– Panahan
– Voli pantai
3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
– Pencak silat
4. Universitas Islam Malang (Unisma)
– Karate
5. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
– Atletik
– Futsal
– Tenis
– Basket
– Voli
– Petanque
6. Universitas Airlangga (Unair)
– Basket 3×3
– Judo
7. Universitas Surabaya (Ubaya)
– Wushu
– Bridge
8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
– Bola tangan
9. Universitas Pembangunan Nasional (UPN)
– Catur

Selain kesembilan universitas di atas, KONI Jatim turut berkesempatan menjadi venue AUG 2024. Nantinya, ada dua cabor yang dipertandingkan di sini, meliputi olahraga panjat tebing dan renang.

Dikutip laman Kemdikbud, AUSC memiliki peran penting bagi masa depan olahraga di kalangan mahasiswa di negara-negara ASEAN. Terlebih, AUG menjadi ajang untuk meningkatkan kerja sama dan mengembangkan minat bakat prestasi olahraga.

Melalui kompetisi ini, Indonesia berharap dapat meningkatkan kontribusi para atlet dari perguruan tinggi di Indonesia. Sebab, sebanyak 30 persen atlet peraih medali di Asian Games Jakarta-Palembang 2018 berstatus sebagai mahasiswa.

Sumber : Detik.com