Teliti Perilaku Investor Milenial di Surabaya laurentiusivan May 22, 2024

Teliti Perilaku Investor Milenial di Surabaya

Bertha Silvia Sutejo telah menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Program Doktor Ilmu Manajemen, Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya. Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya itu membuat penelitian yang berjudul “Pengaruh Literasi Keuangan dan Sifat Kecerdasan Emosional Terhadap Keputusan Trading Saham Dimediasi oleh Toleransi Risiko, Persepsi Risiko, dan Bias Perilaku (Studi Pada Investor Generasi Milenial di Surabaya)”.

Bertha, sapaan akrabnya, mengatakan penelitian ini meneliti bahwa investor dalam pengambilan keputusan investasi, khususnya investasi jangka pendek yaitu trading, didasarkan pada dua sistem. Sistem 1 terkait dengan emosional dan sistem 2 terkait dengan kognitif. “Penelitian ini membuktikan bahwa investor generasi milenial di Surabaya dalam pengambilan keputusannya lebih mengunakan sistem ke-2 terkait kognitif yaitu literasi keuangan. Baru pada saat dihadapkan pada investasi yang memiliki risiko tinggi, investor menggunakan sistem ke-1 terkait dengan sifat kecerdasan emosional dalam pengambilan keputusan investasinya,” jelasnya. Selain itu, juga ditunjukkan bahwa toleransi risiko dan bias perilaku overconfidence menjadi faktor yang menjadi perantara dalam pengambilan keputusan investasi.

Pemilihan tema ini dilatarbelakangi fenomena investor yang menjadi penggerak pasar modal Indonesia dan secara tidak langsung juga menjadi penggerak ekonomi di Indonesia. Selain itu, Bertha juga meminati topik keuangan karena keuangan tidak hanya belajar ilmu tetapi juga seni. “Saya lebih suka meneliti terkait pada individu khususnya investor pasar modal dalam pengambilan keputusan keuangannya,” imbuhnya. Pendalaman ilmu saat disertasi pembelajaran di S3 akan ia bagikan pada mahasiswa saat pembelajaran. (el)