Jadi Wilayah Penyebaran TBC Terbesar di Surabaya, Ubaya Edukasi Warga Putat Jaya laurentiusivan March 25, 2024

Jadi Wilayah Penyebaran TBC Terbesar di Surabaya, Ubaya Edukasi Warga Putat Jaya

RADAR SURABAYA – Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) memperingati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia yang jatuh setiap tanggal 24 Maret. Peringatan itu ditandai dengan pembagian 100 kit masker dan hand sanitizer. Pembagian dilakukan di kawasan Putat Jaya Surabaya.

Ketua Tim dr. Sajuni, Sp.MK., M.Ked.Klin., mengatakan kawasan Putat Jaya dipilih sebagai lokasi penyebaran kit masker dan hand sanitizer karena alasan khusus. Kasus TBC di Putat Jaya ternyata yang terbanyak di Kota Pahlawan. “Tahun 2023 ada sekitar 142 kasus penderita TBC di Kelurahan Putat Jaya yang menjadi jumlah penderita TBC terbanyak se-Surabaya,” ungkap Sajuni.

Diungkapkannya, penyakit TBC sangat menular dan dapat menyerang otak, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung dan tulang belakang. Namun paling sering menyerang paru-paru. Bahkan ia menyebut masih banyak Kader Surabaya Hebat (KSH) yang belum mendapat edukasi tentang TBC sehingga pihaknya melakukan penyuluhan.

“Banyak kader yang belum mengerti tentang bahaya TBC,” imbuhnya. Ia berharap kegiatan tersebut dapat membuat masyarakat lebih aware terhadap tuberkulosis dan bersama-sama mengakhiri penyebaran TBC. “Setelah berkeliling ke masyarakat akan dilakukan penyuluhan ke KSH. Terkait program PKM ke depannya, masih akan melakukan seminar ke satgas dan kader puskesmas,” terangnya. TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. (rmt/opi)

Sumber : Radar Surabaya