Magang di PwC, Langsung Praktik Audit Perusahaan Internasional laurentiusivan February 26, 2024

Magang di PwC, Langsung Praktik Audit Perusahaan Internasional

PricewaterhouseCoopers atau dikenal PwC merupakan perusahaan akuntansi terbesar di dunia yang menjadi incaran lulusan akuntan. Salah satu mahasiswa Ubaya, Jesslyn Elaine Saputra, mendapatkan kesempatan untuk magang selama 3 bulan di PwC Surabaya.

Mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya itu melakukan job description sebagai Vocational Employee (VE) di service line assurance. Spesifiknya melakukan vouching dokumen terkait transaksi-transaksi, meringkas isi dokumen terkait perpajakan, kontrak, memilih sampel untuk diuji asersinya, dan lain-lain. “Tugas lainnya tergantung pada setiap tim perikatan. Misalnya, senior di tim A dapat menginstruksikan saya untuk membantu hal yang sebelumnya belum saya lakukan di tim B,” imbuhnya.

Jesslyn mengungkapkan, dirinya bisa bergabung karena mendapatkan informasi dari salah satu dosen prodi Akuntansi. Syarat yang perlu dipenuhi antara lain IPK minimal 3.00 dengan jurusan yang sesuai kebutuhan kantor. Kebutuhan ini biasanya dicantumkan pada poster. Selain itu, mampu berbahasa inggris secara tertulis dan lisan serta aktif berorganisasi. “Ubaya memberikan banyak kesempatan bagi saya untuk berkembang, baik itu melalui pembelajaran, kegiatan organisasi, kepanitiaan, maupun lomba-lomba sehingga saya dapat diterima di PwC,” jelas lulusan SMAK St. Louis 1 Surabaya itu.

Keuntungan yang didapatkannya selama magang adalah mendapat pengalaman mengaudit perusahaan-perusahaan yang berskala cukup besar atau merupakan anak dari perusahaan internasional. Ia menyebut, para senior di PwC tidak pelit ilmu sehingga skill-nya juga semakin berkembang. Pengalaman ini juga dibagikannya melalui TikTok pribadi @jesslyn.es dan sudah ditonton lebih dari 200 ribu kali. (el)