Doktor Baru FK Ubaya: Teliti Faktor Prediksi Hasil Akhir Terapi Penderita COVID-19 laurentiusivan February 22, 2024

Doktor Baru FK Ubaya: Teliti Faktor Prediksi Hasil Akhir Terapi Penderita COVID-19

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya), dr. Heru Wijono, Sp.PD., resmi menyandang gelar Doktor. Ia telah menyelesaikan program doktoral di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga pada 11 Januari 2024.

Ketua Program Studi Profesi Dokter Ubaya itu meneliti faktor saat penderita COVID-19 masuk ke rumah sakit yang digunakan sebagai faktor prediksi hasil akhir terapi. Dalam pengembangannya, didapatkan sistem skoring yang kemudian dapat digunakan sebagai prediksi. “Sistem skoring ini juga dapat dikembangkan pada penyakit lain seperti demam berdarah, HIV, bahkan penyakit yang tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung koroner, dan lain-lain,” jelasnya.

Selama berkuliah, dr. Heru tetap menjalankan tugas sebagai penanggung jawab mata kuliah (PJMK), mendapat kepercayaan memegang clinical skills lab, ujian akhir kompetensi dokter nasional di Ubaya, dan program studi profesi dokter. “Studi doktoral sebenarnya amat sangat membantu membuka perspektif ilmu dan sudut pandang terhadap ilmu itu sendiri dan penerapannya di lapangan. Banyak manfaat praktis yang bermanfaat dan bisa saya ajarkan ke mahasiswa,” ujarnya. Ia juga berharap penelitian disertasinya dapat diaplikasikan sebagai pengambilan keputusan dalam bidang kesehatan. (el)