PT Handal Yesindo Sejahtera Bersama Teknik Elektro Ubaya Berikan Pelatihan untuk Guru SMK  laurentiusivan December 8, 2023

PT Handal Yesindo Sejahtera Bersama Teknik Elektro Ubaya Berikan Pelatihan untuk Guru SMK 

Bekerja sama dengan PT Handal Yesindo Sejahtera, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya (TE Ubaya) dipercaya sebagai fasilitator dalam kegiatan pelatihan guru SMK. Sebanyak 15 guru dari enam SMAK di Jawa Timur dan Jawa Tengah mengikuti kegiatan yang diadakan oleh PT Handal Yesindo Sejahtera di Gedung Teknik Elektro kampus II Ubaya, Tenggilis pada 6-7 Desember 2023. 

Pelatihan ini bertujuan untuk upskilling dan reskilling dengan sesuai standar industri bersama PT Handal Yesindo Sejahtera dan Teknik Elektro Ubaya bagi pengajar dan pelajar SMK di Indonesia. Mengusung tema “Robot Manufacturing System”, kegiatan ini menjadi dukungan untuk SMK di Indonesia dalam ajang kompetisi dari Dinas Pendidikan Nasional (DIKNAS). 

Beberapa pelatihan diberikan langsung oleh dosen dari Teknik Elektro Ubaya dengan 12 sesi pelatihan dalam tiga hari. Salah satu topik yang diangkat adalah Pneumatic System, dimana para peserta diajak untuk memahami sistem penggerak dari tenaga udara dalam skala industri. Selain itu, para peserta diajak untuk praktik langsung di laboratorium TE Ubaya.

Susilo Wibowo, M.Eng., mewakili Hendi Wicaksono Agung Darminto, Ph.D., selaku Kepala Program Studi Teknik Elektro menyampaikan terima kasih kepada PT Handal karena sudah mempercayakan TE Ubaya sebagai fasilitator dalam pelatihan ini. “Harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini kami Teknik Elektro bisa memberikan kontribusi untuk berbagi banyak ilmu kepada rekan-rekan SMA/SMK sehingga dampaknya juga bisa berguna untuk keilmuan yang ada di masing-masing sekolah,” tutur Susilo. 

Ikut mendampingi para guru, Rooby selaku Engineer mewakili PT Handal Yesindo Sejahtera dan para peserta menyampaikan antusias yang tinggi dalam terselenggaranya kegiatan ini. “Kami percayakan para peserta untuk berlatih lebih lagi di Teknik Elektro Ubaya karena fasilitas dan pengajar yang sudah terbukti kompeten untuk mendukung para pengajar di SMK,” ujar Rooby. Menariknya, Peter Julian Komisaris sekaligus pendiri PT Handal Yesindo Sejahtera merupakan alumni Teknik Elektro angkatan 1991. Hal ini menjadi bukti bahwa lulusan Ubaya memiliki kompetensi yang unggul dalam membangun karirnya. (sin/sin)