FBE Ubaya Ajak Mahasiswa Memahami Accounting dari Sudut Pandang Perhotelan laurentiusivan November 17, 2023

FBE Ubaya Ajak Mahasiswa Memahami Accounting dari Sudut Pandang Perhotelan

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Tidak hanya menyelenggarakan proses perkuliahan pada umumnya, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) mengundang pembicara luar untuk membagikan pengalamannya melalui kuliah tamu bertajuk “Financial Reporting for Hospitality Businesses”. Diselenggarakan pada Rabu, 15 November 2023, kuliah tamu diselenggarakan secara luring di ruang kelas FF 04.05 serta dihadiri oleh puluhan mahasiswa Ubaya. Amelia Siagian selaku Financial Controller Hotel Ciputra World Surabaya hadir sebagai narasumber dalam kuliah tamu ini. 

“Orang accounting kemana-mana itu harus lihat bill, karena itu dasar uang masuk dari semua perusahaan,” ucap Amelia mengawali sesi diskusi. “Kita harus melihat dengan jeli apakah jumlah yang kita beli sama yang di charge saat di kasir, termasuk terkait barang diskon atau free yang kita lihat di rak barang,” katanya. Menurut Amelia, hal tersebut perlu dipertanyakan karena terdapat kemungkinan kasir melakukan kesalahan. “Biasanya, mereka menyatakan karena tidak update, barang sudah lama, tidak berlaku lagi diskonnya, atau diskonnya bukan untuk barang jenis tersebut,” tutur Amelia lebih lanjut. 

Dalam kuliah tamu kali ini, Amelia turut membagikan pengalamannya terkait integritas dalam bidang perhotelan. “Bekerja di hotel itu tantangannya besar. Kita menghadapi berbagai macam tamu dengan karakter yang berbeda-beda,” jelas Amelia. “Selama tidak melanggar tiga hal yaitu: narkoba, senjata, dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), kita wajib memenuhi setiap kebutuhan yang dimiliki pelanggan kita,” tutupnya. (re1,jv/jel)