Mahasiswa Teknik Kimia Ubaya Raih Juara 2 dalam Lomba REACTING laurentiusivan October 27, 2023

Mahasiswa Teknik Kimia Ubaya Raih Juara 2 dalam Lomba REACTING

Bagas Habib, Elizabeth Putri, dan Laurensia Kayla merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Surabaya (FT Ubaya) angkatan 2022. Ketiganya berhasil meraih juara 2 pada lomba REACTION (Starting The Sustainability Future by Applying A New Chapter of Chemistry for Outstanding Innovation). Lomba diselenggarakan oleh Chemistry Week, Departemen Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) pada Mei hingga Oktober 2023. 

Kompetisi REACTION mengusung jenis lomba tentang Paper Competition atau Karya Tulis Ilmiah. Sedikitnya terdapat 16 tim yang mengikuti kompetisi tersebut, beberapa diantaranya berasal dari universitas negeri yang cukup populer. Seperti Universitas Gajah Mada (UGM), ITS, Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur (UPN Jatim), dan lain sebagainya.

Bagas mewakili timnya menyatakan bahwa persiapan yang dilakukan melalui tahapan dan proses belajar yang giat. “Kami mulai dengan belajar menulis karya ilmiah kemudian research di internet dan jurnal,” tuturnya. Bagi mereka ini kali pertama mengikuti perlombaan Paper Competition, ini menjadi tantangan bagi mereka karena belum memiliki pengalaman dalam hal menulis dan mempresentasikan hasil karyanya. 

Mengikuti kompetisi tidak hanya berfokus pada ambisi mendapatkan juara, tetapi menjalin relasi dengan para peserta lainnya. “Dari sana kami punya banyak teman baru dari berbagai kampus,” ungkap Bagas. Selain itu, Bagas dan tim bersyukur karena berhasil meraih juara 2 tanpa pengalaman sebelumnya. “Semoga Ubaya menyediakan wadah yang lebih banyak untuk kompetisi-kompetisi yang mendukung prestasi mahasiswa,” tutup Bagas. (sin/sin/4443)