Akuntansi Ubaya Kenali Lebih Dekat Tata Kelola Yayasan laurentiusivan October 11, 2023

Akuntansi Ubaya Kenali Lebih Dekat Tata Kelola Yayasan

Jurusan Akuntansi Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan Kuliah Tamu tentang Tata Kelola Yayasan. Kegiatan diadakan dengan judul “Mengatur Keseimbangan Misi Sosial dan Sumber Daya di Rumah Sakit”. Menghadirkan Sr. Lusia Dwi Sri Wahyuni, SSpS., B.Sc., M.Kes., selaku Manajemen Yayasan Rumah Sakit RKZ Surabaya sebagai pembicara. Kuliah tamu diadakan secara luring di Ruang TF 4.3, Kampus II Ubaya, Tenggilis pada Selasa 26  September 2023. Selain wajib diikuti oleh mahasiswa Akuntansi Sektor Publik dan Akuntansi Sosial dan Lingkungan, puluhan mahasiswa lainnya antusias mengikuti kegiatan ini.

Topik ini bertujuan untuk memberikan wawasan secara luas kepada para mahasiswa Jurusan Akuntansi Ubaya, hal itu diterangkan oleh Geoffrey Merian Nata, mahasiswa Jurusan Akuntansi angkatan 2020, selaku PIC (Person in Charge). “Kami bisa belajar hal baru, tidak hanya akuntansi dalam sektor perusahaan saja,” Ujarnya. Hal ini dapat membekali para mahasiswa yang tertarik pada bidang akuntansi sosial dan manajemen secara luas.

Cakupan akuntansi cukup luas, dalam dunia kerja banyak sektor yang memerlukan peran seorang akuntan. Salah satunya adalah Rumah Sakit yang memiliki sektor dengan manajemen dan pengendalian internal yang kompleks. “Ternyata Rumah Sakit memiliki kewajiban pelaporan yang cukup berbeda dari perusahaan bisnis pada umumnya,” lanjut Geo.

Sr. Lusia menyampaikan bahwa Rumah Sakit memiliki karakteristik yang cukup unik, dimana tujuan utama manajemen dalam fungsional Rumah Sakit menggiring setiap aspek. Dalam artian, Rumah Sakit seringkali bersifat ganda pada aspek latar belakang, keilmuan, dan pelayanan baik kepada customer eksternal maupun internal. “Sebagai Akuntan, finansial Rumah Sakit terdiri dari tiga pokok utama profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas,” jelas Sr. Lusia.

Akuntansi Rumah Sakit merupakan suatu bagian kegiatan dari manajemen keuangan, penting bagi sebuah sektor untuk menentukan sasaran utama yang harus diperbaiki. Hal itu selaras dengan landasan dasar dari pengelola Rumah Sakit, khususnya manajemen keuangan. Sehingga dapat mendukung data dan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan, pengambilan, maupun pengamatan Rumah Sakit. (sin/sin/4423)