Homecoming: FT Industri Ubaya Belajar Bersama Alumni Kebanggaan laurentiusivan October 10, 2023

Homecoming: FT Industri Ubaya Belajar Bersama Alumni Kebanggaan

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Fakultas Teknik (FT) Universitas Surabaya (Ubaya) khususnya Program Studi Teknik Industri mengadakan Kuliah Tamu pada Jumat, 6 Oktober 2023. Mengangkat tema “Creative Your Future with Industrial Engineering”, acara ini dihadiri oleh Yohan Djaynata, selaku Assistant Manager J&T Express, dan Yongky Lio, selaku Founder dan Director CV. Kocial Indonesia sebagai narasumber. Kuliah Tamu dihadiri ratusan mahasiswa FT Industri angkatan 2021 dan 2023. Diadakan secara luring di Ruang Serbaguna Fakultas Bisnis dan Ekonomika (SGFBE), Kampus II, Tenggilis, acara ini diselenggarakan untuk 

Gunawan, Ph.D, selaku Ketua Program Studi FT Industri Ubaya turut hadir dan menyampaikan sambutannya. “Kami para Bapak dan Ibu dosen sudah menantikan kehadiran Yongky dan Yohan sejak pagi tadi,” ujar  Gunawan penuh antusias. Mengakui ilmu jauh lebih mudah memuai dari ingatan, Gunawan berpesan kepada para mahasiswa, “seraplah perjuangannya, dari lulus sampai sekarang bisa sukses membangun startup dan bekerja di perusahaan besar”. 

Membuka sharing terkait perjalanan karirnya, Yongky bercerita pertama kali dia memulai studinya di FT Industri Ubaya. “Saya awalnya masuk Teknik Industri karena mau mengembangkan industri tepung milik keluarga.” cerita Yongky. Setelah menyelesaikan studi S2 nya di Taiwan sembari bekerja paruh waktu. Yongky kembali ke Indonesia dan membangun agensi digital marketing dan branding, yaitu Kocial.id. “Kalau bisa kembali ke zaman kuliah, saya akan lebih banyak mengambil berbagai kesempatan, maka lakukanlah itu guys,” pesan Yongky.

Menjadi salah satu alumni kebanggan FT Industri juga, Yohan membagikan kisah karirnya. “Saya berminat untuk menempuh studi FT Industri dulu karena berpartisipasi dalam Industrial Games, bayangkan saja bisa rally games sambil belajar banyak hal, di mall pula,” cerita Yohan. Mengemas materinya dengan pengimplementasian ilmu teknik industri pada sistem kerja J&T Express, Yohan memaparkan continuous improvement kepada seluruh mahasiswa. “Hal paling penting dalam industri adalah efisiensi manusia dan mesin,” papar Yohan. 

Pemaparan materi menuai banyak minat dari para mahasiswa, salah satunya adalah Brandon, mahasiswa FT Industri Ubaya, angkatan 2023. “Bagaimana cara kita mengelola manusia agar kebiasaan buruknya tidak membudaya di dalam sebuah industri?,” tanya Brandon. Menanggapi pertanyaan tersebut, Yohan menggunakan pendekatan emosional. Lebih lanjut, Yohan juga mengingatkan bahwa leader memiliki kendali penuh dalam mengatur jalannya sebuah perusahaan. Melanjutkan pernyataan Yohan, Yongky juga mengajak mahasiswa untuk bisa mengetahui motivasi kerja setiap individu. (mon/fg1/4422)