Student Success Seminar: Ajak Mahasiswa Kenali Diri Lebih Dalam laurentiusivan September 7, 2023

Student Success Seminar: Ajak Mahasiswa Kenali Diri Lebih Dalam

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Konseling dan Pengembangan Diri Mahasiswa Universitas Surabaya (KPDM Ubaya) mengadakan Student Success Seminar pada Kamis, 7 September 2023. Mengusung tema “Me, Myself, and I”, seminar ini menghadirkan Afinnisa Rasyida, S.Psi., M.Psi., Psikolog, selaku Dosen Fakultas Psikologi Ubaya. Seminar ini diadakan untuk mengajak para partisipan untuk mengenal kepribadian diri sendiri lebih baik. Digelar secara luring, Student Success Seminar berlangsung di Seminar Room, Gedung Hubungan Internasional (HI) lantai 2, Kampus II Ubaya, Tenggilis, dan diikuti oleh ratusan mahasiswa Ubaya dari berbagai fakultas. 

Fifin menegaskan bahwa setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda alias unik. Kepribadian diri sendiri tentu perlu dikenali oleh kita sebagai pemiliknya. “Mengenali diri sendiri bisa kita lakukan dengan mengembangkan self-awareness, yaitu kemampuan melihat diri kita dengan jelas dan realistis,” ujar Fifin. Kendati self-awareness berfokus pada kesadaran terhadap kepribadian diri sendiri, peranan orang lain juga penting untuk hadir membantu kita. “Tentunya kita perlu bantuan dari orang-orang supportive, jangan seperti netizen Twitter suka yang suka nyinyir,” kekeh Fifin. 

Melakukan kemampuan self-awareness seringkali terluput oleh sebagian besar orang-orang, padahal hal ini menjadi aspek penting menentukan berbagai hal di dalam diri kita. “Orang-orang yang bisa mengenal diri terbukti bisa memilih keputusan, memiliki relasi yang lebih baik, kreatif, dan most likely to be successful,” kata Fifin. Bukan tanpa alasan, Fifin mengatakan bahwa berbagai keuntungan tersebut bisa kita miliki karena berhasil mengenali kekurangan dan kelebihan yang ada di dalam diri. 

Pemaparan materi oleh Fifin menarik perhatian para mahasiswa. Salah satu di antara mereka adalah Brianne Ansella Handoyo, mahasiswi Fakultas Psikologi Ubaya, angkatan 2023, memberikan kesannya. “Student Success Seminar kali ini seru sih, membantu aku banget untuk sadar kelebihan, kekurangan, passion, dan lain-lain yang ada di dalam diri,” ujar Anne. Berhasil memikat ketertarikannya, Anne menanti acara Student Success Seminar di lain kesempatan. “Kedepannya, semoga Student Success Seminar bisa mengundang pembicara yang lebih menarik lagi dan mengulas lebih mendalam topiknya,” tutup Anne. (mon/vnd/4397)