Kuliah Perdana S3 Psikologi Ubaya di Tahun 2023 laurentiusivan September 1, 2023

Kuliah Perdana S3 Psikologi Ubaya di Tahun 2023

Universitas Surabaya (Ubaya) memiliki jenjang pendidikan hingga Program Doktor pada Fakultas Psikologi. Jumat, 1 September 2023, Program Doktor Psikologi memulai kuliah perdana bagi para mahasiswa baru di tahun ini. Sedikitnya mahasiswa Program Doktor Psikologi Ubaya sudah terdiri dari 27 orang dan 3 diantaranya telah lulus program Doktor. Bertajuk ‘Riset Disertasi yang Bermakna’, kegiatan dibawakan langsung oleh Prof. Seger Handoyo Drs., M.,Si.

 Kelas perdana tidak hanya diadakan bagi para mahasiswa baru Doktor Psikologi saja, tetapi juga dibuka untuk umum. Sehingga para mahasiswa maupun khalayak umum yang ingin mengetahui kilasan tentang perkuliahan di jenjang pendidikan doktor dapat berpartisipasi dalam kelas tersebut. 

Dr. Evy Tjahjono, Psikolog, selaku Dekan Fakultas Psikologi menyambut semua peserta dan mahasiswa dari semua angkatan yang hadir. “Hari ini kesempatan kita untuk belajar lebih banyak,” ujar Evy. Mahasiswa Program Doktor Psikologi Ubaya didominasi oleh dosen dari berbagai institusi sehingga riset dan publikasi menjadi sangat penting. “Bisa jadi itu (riset dan publikasi) kita akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” lanjutnya. Oleh karena itu, topik yang diangkat akan sangat relevan.

Meraih gelar akademik tertinggi pada Program Doktor tidaklah mudah, namun bagi Prof. Seger Program Studi Strata 3 (S3) ini adalah dunianya riset dan disertasi. “Yang harus dibangkitkan tentunya rasa ingin tahu,” jelasnya. Riset tidak hanya berfokus untuk menyelesaikan permasalahan saja tetapi juga untuk memuaskan rasa ingin tahu yang kita miliki. “Curiosity & Inquiry,” tutur Prof. Seger mengungkap landasan dalam disertasi. Oleh karena itu, tanpa pertanyaan, riset tidak dapat dilakukan.

Program Doktor Psikologi Ubaya telah berdiri sejak tahun 2018 dan telah meraih akreditasi B. Didirikan sebagai kepedulian Ubaya dalam pengembangan keilmuan khususnya psikologi di Indonesia. Sesuai dengan visi misi Fakultas Psikologi Ubaya, maka Program Doktor Psikologi Ubaya berfokus pada permasalahan perkotaan (Urban Psychology), yang kemudian terbagi dalam Urban Mental Health, Urban Family and Education, Urban Industrial and organization. Informasi lengkapnya dapat dilihat melalui website berikut daftarpasca.ubaya.ac.id. (sin/sin/4396)