Pusdakota Ubaya Adakan Penyuluhan Remaja laurentiusivan July 21, 2023

Pusdakota Ubaya Adakan Penyuluhan Remaja

Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan Universitas Surabaya (Pusdakota Ubaya) mengadakan penyuluhan remaja. Kegiatan diadakan untuk anak-anak kelas empat SD (Sekolah Dasar) sampai dengan kelas sembilan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Topik yang diangkat adalah ‘Serba-Serbi Remaja Bersama Fakultas Psikologi Ubaya’. Pada Kamis, 13 Juli 2023 kegiatan dilaksanakan di Pusdakota Ubaya, Jl. Rungkut Lor III/87. 

Yuan Yovita Setiawan, M.Psi., Psikolog, dosen Fakultas Psikologi menjadi fasilitator dalam penyuluhan tersebut. Kegiatan juga diadakan langsung oleh Fakultas Psikologi untuk penyuluhan terhadap para remaja yang tinggal di sekitar Pusdakota Ubaya. Dihadiri oleh puluhan remaja, beberapa orang tua juga turut mendampingi anaknya.

Diawali dengan berbagai permainan mengenal diri, Yuan memberikan gambaran tentang pentingnya nilai yang ada dalam diri seseorang. “Kita berharga dan punya nilai yang harus dijaga,” jelas Yuan, dosen Fakultas Psikologi. Para remaja antusias mencermati pengetahuan terkait dengan perubahan-perubahan yang akan terjadi. Mulai dari perubahan fisik, biologis, dan psikologis. 

Para orang turut senang dengan adanya penyuluhan tersebut. “Edukasi yang sangat penting bagi anak-anak kami,” ujar salah satu orang tua peserta. Para remaja juga senang dapat berkumpul dan belajar bersama dengan peserta lainnya. Selain itu, para peserta juga antusias dengan kehadiran Yuan dan mahasiswa Fakultas Psikologi Ubaya. “Kakak-kakaknya baik dan lucu,” ungkap Lia, peserta penyuluhan.

Pusdakota Ubaya memiliki komunitas yang terdiri dari 200 KK (Kartu Keluarga) yang berdiam di sekitar kantor Pusdakota tersebut. Tugas Pusdakota adalah mengintegrasikan program dan memanfaatkan human capital yang ada di Universitas Surabaya dalam memberikan manfaat dan pemberdayaan bagi komunitas yang dilayani.

Fungsi Pusdakota adalah mendukung kebijakan Universitas Surabaya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat para insan akademis dan memfasilitasi kebutuhan mereka untuk mendukung berbagai macam program kegiatan yang dilakukan. (sin/sin/4364)