Rektor Ubaya Roadshow Bersama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital laurentiusivan July 7, 2023

Rektor Ubaya Roadshow Bersama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Universitas Surabaya (Ubaya) mendukung kebangkitan ekonomi digital Jawa Timur melalui ekosistem startup yang berkelanjutan. Roadshow yang diadakan oleh Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Dr. Benny Lianto, selaku Rektor Ubaya turut hadir memberikan sambutan. Kegiatan tersebut juga turut mengundang Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto, M.Eng., selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo (Komunikasi dan informasi) Republik Indonesia, Shinta Nurfauzia selaku Co-Founder & Co-CEO Lemonilo, serta tokoh-tokoh penting lainnya juga hadir dalam roadshow. Dihadiri pula oleh ratusan peserta, roadshow diadakan pada Selasa, 27 Juni 2023.

Muhamad Fikser, AP. MM., selaku kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Surabaya, mewakili Eri Cahyadi menyampaikan dukungan aktif dari pemerintah kota Surabaya. Keterlibatan dalam berbagai sektor, mulai dari sumber daya, infrastruktur, dan kolaborasi menjadi hal penting. “Startup punya peran penting dalam kebangkitan ekonomi digital, khususnya Jawa Timur,” ujarnya.

Dr. Benny Lianto, selaku Rektor Ubaya menyampaikan bahwa kesadaran masyarakat untuk menjadi entrepreneur masih relatif kecil. Berdasarkan data di tahun 2021, entrepreneur hanya 3,47 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun Benny juga menegaskan bahwa perlu disadari peluang yang ada, masih sangat besar. “Cetak banyak entrepreneur dengan menjadi entrepreneur mission,” tegas Benny, memberikan dukungan pada 1000 Startup Digital. Selain itu, banyaknya pengguna teknologi digital juga bisa memberikan kekuatan baru sebagai pendorong utama ekonomi digital. Hal tersebut selaras dengan misi pemerintah pusat terkait dengan mencetak 5000 startup.

Gerakan nasional 1000 startup digital merupakan program pembinaan perusahaan startup tingkat awal (early-stage). Gerakan ini diprakarsai oleh kementerian komunikasi dan informatika Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Aplikasi Informasi sejak 2016. Terdapat beberapa rangkaian program yang tergabung didalamnya, salah satunya adalah Ignition berupa kegiatan roadshow seperti ini. Ignition merupakan seminar yang menghadirkan pendiri perusahaan rintisan untuk berbagi pengalamannya. (sin/sin/4354