Pusdakota Ubaya Adakan Pelatihan Pengolahan Pangan Untuk Warga laurentiusivan July 7, 2023

Pusdakota Ubaya Adakan Pelatihan Pengolahan Pangan Untuk Warga

Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan Universitas Surabaya (Pusdakota Ubaya) mengadakan pelatihan yang berjudul “Pengolahan Bahan Pangan Untuk Kesehatan Keluarga”. Kegiatan ini diadakan pada Selasa, 27 Juni 2023 di Pendopo Pusdakota Ubaya, Rungkut. Dihadiri oleh puluhan peserta dari warga sekitar Pusdakota, pelatihan sesi pertama menggiring peserta agar dapat membuat minuman serbuk jahe alami.

Diadakan dalam dua sesi, kegiatan difasilitatori oleh dosen Ubaya. Apt. Alfian Hendra Krisnawan, M.Farm., selaku dosen Fakultas Farmasi dan Windra Prayoga, Ph.D., selaku dosen dari Fakultas Teknobiologi. Warga diajak untuk belajar bagaimana cara mengelola tanaman yang telah dihasilkan. Salah satunya adalah jahe, yang akan diolah menjadi minuman instan alami dalam bentuk serbuk.

“Tidak hanya bermanfaat bagi konsumsi rumah tangga pribadi namun bisa dijadikan bekal berbisnis,” jelas Alfian, menerapkan banyak manfaat dari pelatihan tersebut. Pengolahan jahe menjadi minuman serbuk dapat memberikan jangka waktu simpan yang lebih lama. Sehingga konsumsi rumah tangga dapat tetap sehat dan efisien.

Selain menjadi serbuk, dalam proses pengolahan jahe juga dapat dijadikan sirup ataupun permen. Hal tersebut dipengaruhi oleh proses pembentukan serbuk, yang terjadi akibat adanya reaksi dalam kandungan gula. “Gula yang larut bersama jahe akan menjadi serbuk, namun sebelum itu terjadi bisa menjadi sirup atau permen,” tutur dosen Fakultas Farmasi itu.

Perhatian Ubaya tidak hanya berfokus pada internal saja, namun kesadaran akan kesejahteraan warga sekitar juga menjadi penting. Pelatihan ini diharapkan akan tetap berlanjut dan memberikan limpahan manfaat bagi masyarakat. Para peserta juga diharapkan dapat menjadi fasilitator di lingkungannya masing-masing.(sin/sin/4353)