Hadirkan Azarine, Bagi Tips Tingkatkan Performa Sales dan Marketing laurentiusivan July 4, 2023

Hadirkan Azarine, Bagi Tips Tingkatkan Performa Sales dan Marketing

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Sabtu, 24 Juni 2023, Marketing Club (MarkLub) dari Program Studi Manajemen Pemasaran FBE Ubaya  menyelenggarakan kuliah tamu. Bertajuk “Sales 101: Identify and Boost Your Performance”. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai cara meningkatkan performa sales dalam bidang marketing. Diselenggarakan di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi (SGFP) Ubaya, acara dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas dan angkatan di Ubaya. Dhita Algha selaku Marketing Manager Azarine Cosmetic hadir menjadi narasumber dalam seminar ini.

Fidelis Arastyo Andono, S.E., M.M., Ph.D., Ak., selaku Wakil Dekan FBE Ubaya, membuka acara ini dengan penjelasan singkat mengenai topik yang dibawakan oleh narasumber. “Pada kesempatan ini, teman-teman nantinya akan mendapatkan tips dan trik terkait melakukan sales kepada customer,” tutur Nino sapaan akrab di kampus. Tak hanya itu, mahasiswa bisa mengajukan banyak pertanyaan agar mempunyai wawasan yang luas.

Dhita menjelaskan bahwa ada beberapa kunci yang perlu diperhatikan untuk bisa meningkatkan kemampuan sales. “Penampilan tubuh merupakan kunci penting untuk meningkatkan kemampuan sales ini, tetapi ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan,” jelas Dhita. Hal-hal tersebut berupa mendengarkan masukan dari customer, menjalankan bisnis dengan konsisten, memahami pengetahuan tentang barang yang dijual dengan baik, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, memperluas jaringan pertemanan, dan mengetahui teknik pendekatan terhadap customer.

Pemaparan materi oleh Dhita menghadirkan antusiasme peserta, salah satunya Michael. “Apakah Azarine pernah melakukan kesalahan dalam sales ini sehingga bisa merugikan perusahaan?” tanya Michael. Menjawab hal tersebut, Dhita mengatakan bahwa Azarine juga pernah melakukan kesalahan, salah satunya kerugian pada beauty fair event yang tidak ramai pengunjung. “Saya menyarankan agar teman-teman bisa menghindari kesalahan dalam berbisnis dengan melakukan riset terlebih dahulu secara mendalam, mengambil pelajaran dari pengalaman lalu atau orang lain, dan mau bersifat terbuka atau tidak malu untuk bertanya kepada orang yang telah berpengalaman,” tutupnya.(nj/vnd/4350)