Ubaya Rapid Chess Competition 2023: Wadah Mengasah Kemampuan di Bidang Catur laurentiusivan June 14, 2023

Ubaya Rapid Chess Competition 2023: Wadah Mengasah Kemampuan di Bidang Catur

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

 

Sabtu, 10 Juni 2023 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Universitas Surabaya (Ubaya) menyelenggarakan perlombaan catur bertajuk Ubaya Rapid Chess Competition 2023. Tema yang diangkat pada Ubaya Rapid Chess Competition 2023 yakni “Game of Throne”. Perlombaan ini dilaksanakan untuk mewadahi minat dan bakat pelajar dalam bidang catur. Diselenggarakan secara offline di BG Junction lantai 9 Surabaya, perlombaan diikuti oleh setidaknya ratusan siswa dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Abdullah Said Mustaqim selaku mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Ubaya angkatan 2021 sekaligus Ketua Acara Ubaya Rapid Chess Competition 2023 menjelaskan lebih lanjut terkait pemilihan tema “Game of Throne”. Ia menyatakan bahwa “Game of Throne” merujuk pada permainan tahta. Dalam hal ini, satu peserta dengan lainnya akan berusaha memperebutkan tahta tertinggi. “Mereka akan bertarung satu dengan lain untuk dapat memperebutkan tahta tersebut,” jelasnya.

“Tahun-tahun kemarin perlombaan masih dilaksanakan secara online karena adanya pandemic. Pelaksanaan lomba dibedakan berdasarkan kategorinya, jadi kategori Sekolah Menengah Atas (SMA) diikuti oleh siswa/i SMA, begitu pun kuliah,” ucapnya. UKM Catur Ubaya cukup terkenal di kalangan siswa/i SMA. Hal ini dikarenakan terdapat atlet catur terkenal yang menempuh pendidikan di Ubaya. Oleh karena itu, Said berharap hal ini dapat memikat siswa/i SMA untuk melanjutkan studinya di Ubaya. “Hal itu tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa/i SMA untuk menempuh pendidikan di Ubaya,” tutupnya. (jv/jel/4331)