Manifest, Wujudkan Bisnis Cerdas dari Inovasi laurentiusivan June 8, 2023

Manifest, Wujudkan Bisnis Cerdas dari Inovasi

Universitas Surabaya (Ubaya) memberikan peluang bagi para dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan setiap ilmu yang dipelajari melalui berbagai inovasi dalam manajemen bisnis. Dukungan itu diwujudkan dalam simulasi testing product berupa pameran Manajemen Inovasi Festival atau disebut Manifest. Kegiatan ini berlangsung 2 hari pada tanggal 7-8 Juni 2023 di Plaza Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE), kampus II Ubaya.

Manifest merupakan kegiatan dari mata kuliah manajemen inovasi dan manajemen pemasaran. Dr. Deddy Marciano, S.E., M.M., CBC., CSA., CIB., CRP., selaku Ketua Program Studi Manajemen FBE Ubaya mengatakan adanya kegiatan ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat menganalisa kekurangan implementasi bisnis yang dirancang. “Dukungan kurikulum diharapkan dapat menjadi bekal bisnis yang baik untuk mahasiswa kedepannya,” harap Deddy.

Beberapa inovasi yang dihasilkan mahasiswa juga sangat didukung oleh teknologi seperti berikut ini:

  1. S-Parking merupakan salah satu penyedia aplikasi pengelola parkir yang berada di tempat-tempat umum seperti mall, kampus, pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan lainnya. Inovasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang seringkali kesulitan dalam mencari tempat parkir. Implementasi yang digunakan adalah menyediakan lahan parkir yang didapat dari mitra kerjasama sehingga dapat dikelola langsung oleh S-Parking. “Sistemnya kami mengelola lahan dari mitra dan pengunjung dapat booking tempat parkir melalui aplikasi kami,” jelas Barbara, selaku ketua kelompok A-9.
  2. Hiking Easier merupakan inovasi yang bergerak dalam bidang jasa berbasis teknologi dan bertujuan untuk membantu para pendaki dalam mencari informasi dan kebutuhan mendaki. Pencetusan inovasi ini juga akan membantu para masyarakat penyewa alat mendaki dan penyedia jasa tour guide/porter yang kesulitan mencari customer maupun sebaliknya. Selain itu, Hiking Easier juga menyediakan jasa konsultasi bagi para pendaki pemula yang membutuhkan arahan secara lengkap.
  3. Catering, jadi salah satu inovasi yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa yang ingin memasak namun kesulitan saat mencari bahan makanan dengan porsi untuk sekali masak. Hadir dengan harga terjangkau dan menawarkan beberapa jenis makanan dalam kondisi mentah namun dalam porsi secukupnya sehingga tidak akan terbuang jika berlebihan.

Inovasi yang dihasilkan sudah melalui berbagai riset hingga pembuatan prototype sehingga kegiatan ini diharapkan menjadi ruang implementasi bagi mahasiswa. Prita Ayu Kusumawardhany, S.E., M.M., SCM., selaku penanggung jawab mata kuliah manajemen inovasi menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu para UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro) dalam mengembangkan bisnisnya. “Mewujudkan innovasi itu harus sampai kepada segmen pasar, tidak hanya imajinasi saja,” jelas Prita. Ia menambahkan, pameran ini juga bertujuan untuk memberikan testing market, yang mana inovasi-inovasi mahasiswa akan dapat digunakan oleh UMKM yang telah bekerjasama. (sin/sin/4321)