Melatih Kemampuan Public Speaking melalui Biotech Communication Training laurentiusivan June 8, 2023

Melatih Kemampuan Public Speaking melalui Biotech Communication Training

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) menyelenggarakan Biotech Communication Training pada Sabtu, 3 Juni 2023. Mengangkat tema “Double C: Confident Conversation”, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik-teknik public speaking kepada partisipan. Fabian Yudhistira selaku Announcer dari Suara Surabaya Radio hadir sebagai narasumber dalam acara ini. Dilaksanakan secara offline di Ruang BB 6.1 dan 6.2 Fakultas Teknobiologi Ubaya, acara ini dihadiri oleh puluhan peserta dari kalangan Ubaya dan non Ubaya.

Fabian membuka sesi diskusi dengan menjelaskan definisi public speaking. Ia mengatakan bahwa public speaking merupakan kemampuan seseorang dalam menyampaikan dan mengantarkan informasi secara jelas di hadapan audience dengan menerapkan teknik berbicara yang tepat. “Jadi tugas kita yaitu menyampaikan informasi terkait topik yang sudah disiapkan,” katanya. Menurut Fabian, public speaking termasuk dalam ilmu terapan. “Teman-teman bisa mengakses materi public speaking di mana saja, seperti baca buku dan sebagainya. Tetapi ketika kita menghadapi the real audience, itu akan menjadi sesuatu yang berbeda,” jelas Fabian.

Melanjutkan sesi diskusi, Fabian membahas terkait salah satu kemampuan penting dalam public speaking yakni adlibbing. Fabian menjelaskan bahwa adlibbing adalah kemampuan untuk mengembangkan kata atau deskriptif. Menurutnya, teknik adlibbing akan menjadi bekal seumur hidup bagi individu, terutama dalam kehidupan sehari-hari. “Kemampuan seperti ini harus kita miliki karena itu yang akan membantu kita ke depannya untuk bisa mengetahui apa yang kita mau,” ungkap Fabian.

Materi yang dipaparkan banyak menarik perhatian partisipan untuk menyampaikan pertanyaan. Seringkali orang takut berbicara karena takut menyinggung, namun bagaimana caranya agar dapat memilah dan memilih kata secara cepat. Fabian menjelaskan bahwa cara yang dapat dilakukan untuk menyortir pemilihan kata adalah latihan. “Dalam lingkup formal, pelatihan bisa dilakukan dengan menulis. Jadi, tulis hal yang hendak dikatakan,” tuturnya. Sementara dalam lingkup informal, penyortiran kata dapat dilakukan dengan penggunaan kata yang baik dalam kehidupan sehari-hari. “Ini adalah bagian dari memori muscle, latihan mengobrol dengan baik setiap hari, bisa jadi salah satu cara latihan menyortir pemilihan kata,” tutupnya. (jv/el/sin/4316)