Sharing Session with SOD Festival, FBE Ubaya Juga Punya Topik Event Management samueldim May 31, 2023

Sharing Session with SOD Festival, FBE Ubaya Juga Punya Topik Event Management

Pada Selasa, 30 Mei 2023, SOD berkesempatan hadir di Universitas Surabaya (Ubaya), kampus II Ubaya, Tenggilis. Kegiatan diadakan langsung oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE Ubaya) dengan antusias ratusan mahasiswa. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dr. Deddy Marciano, S.E., M.M., CBC., CSA., CIB., CRP., selaku ketua jurusan Manajemen FBE Ubaya. Beberapa dosen dari laboraturium manajemen operasi dan pemasaran juga berkesempatan hadir.

Sound of Downtown atau yang biasa dikenal sebagai SOD merupakan turunan dari SOD Group dan memiliki lima brand. Salah satunya adalah SOD festival merupakan festival musik kolaboratif yang menampilkan berbagai musisi tanah air favorit ke dalam sebuah konser musik eksprimental. Dibawakan langsung oleh Yoshel Ramlie sebagai Co-Founder & CMO SOD Group dan Head of Marketing & Partnership SOD Festival untuk berbagi pengalaman dalam mengelola sebuah acara besar berupa konser.

Perkembangan bisnis yang inovatif memunculkan banyaknya peluang untuk berkarya. Salah satunya didukung oleh peminatan hospitality management yang turut memberikan devisi terbanyak dalam dunia pariwisata. “Ini bisnis masa depan yang kreatif dalam dunia pariwisata,” ungkap Deddy.

Topik pembahasan yang diangkat sangat menarik karena sesuai dengan salah satu mata kuliah yang dimiliki oleh peminatan Business Networking Management dan Hospitality Management dari jurusan Manajemen FBE Ubaya yaitu project management tentang event. Kuliah tamu ini memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa seperti perencanaan, produksi, pengelolaan keuangan, distribusi, pemasaran, hingga negosiasi yang tepat.

Dalam pembahasannya Yoshel menjelaskan bahwa faktor terpenting dalam sebuah event adalah customer, “Customer akan menjadi prioritas kami.” ujar Yoshel. Selain itu, negosiasi juga menjadi hal yang menarik untuk diceritakan, “Seorang negosiator tahu objek kerjasama merupakan keuntungan,” lanjutnya. Semua topik yang disampaikan menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar bagi semua peserta kuliah tamu. Hal tersebut terlihat saat antusias teman-teman mahasiswa dalam menanggapi serta menyempaikan pertanyaan kepada tim SOD yang hadir.

“Seru banget! Konsep manajemen acaranya related sama topik mata kuliah manajemen operasi di FBE Ubaya,” kesan Jestiawan, mahasiswa angkatan 2020 dengan peminatan business networking management FBE Ubaya. (sin/sin/4310