Ketahui Prospek Kerja Lulusan Psikologi melalui Wisata Karier 2023 samueldim May 22, 2023

Ketahui Prospek Kerja Lulusan Psikologi melalui Wisata Karier 2023

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Sabtu, 20 Mei 2023, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) kembali menyelenggarakan seminar Wisata Karier. Mengangkat tema “Dreaming of Stars”, diselenggarakannya seminar ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta terkait prospek pekerjaan di bidang psikologi. Sinta Nursimah, S.Psi, M.Pd., selaku Terapis Anak Yayasan Aurica; Fabiola Audrey Najoan, M.Psi., Psikolog., selaku Psikolog Klinis Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru; dan Andini Atmaja, S.Psi, M.Psi., selaku Learning Manager PT Tancorp Abadi Nusantara hadir sebagai narasumber dalam seminar ini. Diselenggarakan secara offline di Perpustakaan Lt. 5 Ubaya Tenggilis, seminar dihadiri oleh setidaknya ratusan peserta dari kalangan Ubaya dan non Ubaya.

Membuka rangkaian acara Wisata Karier 2023, Ananta Yudiarso, S.Sos., M.Si., selaku Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Ubaya menyampaikan sambutannya. Ananta mengatakan bahwa terdapat perubahan di jurusan psikologi beberapa tahun terakhir, terutama setelah Undang-undang Pendidikan dan Pelayanan Psikologi disahkan. “Sekarang kalau tertarik dengan psikologi terdapat dua jalur yang bisa ditempuh, yaitu jalur akademik dan profesi,” ucap Ananta. Jalur akademik ditempuh dengan pendidikan sarjana, magister, dan doktor. Sementara itu, jalur profesi ditempuh dengan sarjana psikologi, pendidikan profesi psikolog umum, spesialis, dan sub-spesialis. “Perubahan ini terjadi dengan pesat, sehingga harapannya setiap lulusan di Fakultas Psikologi Ubaya bisa siap dengan perubahan tersebut,” kata Ananta.

Beralih pada sesi diskusi, Andini membahas terkait peluang kerja lulusan psikologi di bidang HRD. Menurutnya, peluang bekerja di bidang HRD masih terbuka sangat luas. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan masih memerlukan HRD. “Ketika ada perusahaan, pasti ada karyawan yang harus diurus, sehingga HRD masih sangat dibutuhkan,” tuturnya. Andini menambahkan bahwa saat ini perusahaan semakin sadar pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset dalam perusahaan. “Maka dari itu, perusahaan memikirkan cara mengembangkan SDM serta membuatnya lebih enjoy,” jelasnya.

Penyampaian materi banyak menarik pertanyaan dari peserta seminar.  Salah seorang mahasiswa Fakultas Psikologi Ubaya memberikan sebuah pertanyaan, “Skill apa yang harus dimiliki ketika ingin menjadi HRD?” Menjawab pertanyaan tersebut, Andini menuturkan bahwa biasanya HRD adalah orang yang suka berpikir terkait sistem. “Mungkin kalau di mata kuliah, orang-orang yang suka statistika,” tuturnya. Andini menyampaikan bahwa hal tersebut akan dilakukan ketika menjadi HRD karena akan berkaitan dengan banyak data karyawan. “Jadi kita akan menyimpulkan, collect data, lalu dari situ kita susun strategi selanjutnya,” tutupnya. (jv/vj/4294)