Ubaya Tingkatkan Layanan Arsip samueldim May 17, 2023

Ubaya Tingkatkan Layanan Arsip

Pada Rabu, 17 Mei 2023, Pusat Arsip dan Museum, Direktorat Perpustakaan, Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan sosialisasi terkait dengan fitur distribusi arsip ke pusat arsip dan museum melalui SINTA (Science & Technology Index). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Prof. Dr.rer.nat. Maria Goretti Marianti Purwanto selaku Wakil Rektor I Ubaya serta Manajer Administrasi Fakultas dan Politeknik, serta manajer Direktorat Kerjasama Kelembagaan (DKK) serta staf yayasan Ubaya. Pelaksanaan ini dilaksanakan bertepatan dengan hari kearsipan pada tahun ini.

Perkembangan pusat arsip dari masa ke masa turut diapresiasi oleh Wakil Rektor I Ubaya. “Segala sesuatu yang kita kerjakan dengan baik maka lambat laun akan selalu terlihat progresnya, ini adalah salah satu progress yang dibanggakan,” tutur Prof. Maria. Selain itu, besar harapan hal ini dapat memberikan perubahan yang lebih baik lagi. “Mudah-mudahan ini menjadi salah satu faktor penentu kemajuan Ubaya dari keputusan strategis yang tercipta,” lanjutnya.

Upaya-upaya yang berjalan diharapkan dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk Ubaya saja namun juga dalam tingkat nasional. “Nantinya ketika akreditasi, ini akan menjadi kebangaan tersendiri dan semoga perkembangan arsip Ubaya bisa menjadi contoh di tingkat nasional,” ujar Amirul Ulum, S.Sos., M.IP., selaku Direktur Direktorat Perpustakaan Ubaya. “Terima kasih atas kerja keras dari kita semua, semoga apa yang kita kerjakaan bisa menjadikan Ubaya lebih baik lagi,” tutupnya.

Arsip Ubaya tidak hanya mengumpulkan dokumen berupa berkas penting saja, namun juga memiliki museum arsip yang didalamnya terdapat berbagai kumpulan barang-barang bersejarah Ubaya seperti mesin ketik yang pertama kali digunakan, aset seni bersejarah, dan lainnya. Akses arsip Ubaya juga dapat dilihat langsung melalui link berikut ini https://arsip.ubaya.ac.id/museum-ubaya/ atau dapat langsung mengunjungi Pusat Arsip dan Museum Ubaya yang berada di Kampus I Ngagel. (sin/sin/4291