Fakultas Psikologi Ubaya Subsidi Sertifikasi Kompetensi Psikologi samueldim May 15, 2023

Fakultas Psikologi Ubaya Subsidi Sertifikasi Kompetensi Psikologi

Pada Sabtu, 13 Mei 2023, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (FP Ubaya) mengadakan seminar melalui online zoom meeting. Prof. Dr. Yusti Probowati Rahayu, Psikolog sebagai Direktur utama Lembaga Sertifikasi Psikologi Indonesia (LSPI), sekaligus Ketua Program Studi Doktor Psikologi FP Ubaya turut hadir untuk memberikan cakupan wawasan yang lebih luas terkait dengan sertifikasi Psikologi.

Pada dasarnya sertifikasi kompetensi tidak wajib untuk diikuti namun pada kesempatan ini Prof. Yusti menjelaskan seberapa penting manfaat dari sertifikasi kompetensi tersebut. “Ketika memiliki sertifikasi kompetensi, teman-teman akan yakin dengan kemampuan yang dimiliki,” ungkap Prof. Yusti.

Sertifikasi kompetensi mengarah dan berfokus pada bidang apa yang ditekuni. Selain itu, penyelenggara uji dilakukan langsung oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) hingga penerbitan sertifikat oleh Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP). Berbeda dengan sertifikasi kompetensi, sertifikasi profesi bisa didapatkan melalui suatu proses pendidikan pada lembaga yang telah ditunjuk langsung oleh asosiasi profesi.

Kegiatan ini juga memberikan dukungan bagi semua lulusan Psikologi di seluruh Indonesia untuk mengetahui manfaat yang bisa didapatkan ketika mengikuti sertifikasi kompetensi psikologi. Fasilitas sertifikasi Ubaya diakui langsung oleh BNSP Indonesia. “Disini kita belajar bagaimana menjadi lulusan Psikologi yang kompeten dan diakui secara nasional,” jelas Dr. Mary Philia Elisabeth, Psikolog sebagai kepala tempat Uji Kompetensi FP Ubaya.

Sebagai dukungan terhadap lulusan FP Ubaya, pihak Fakultas akan mensubsidi sebanyak 30 mahasiswa atau alumni pada semester genap 2021/2022, semester gasal 2022/2023, dan yang akan lulus di semester genap 2022/2023 untuk mengikuti ujian kompetensi asisten Psikologi beserta dengan pelatihannya. “FP Ubaya sangat mendukung lulusan,” tutur Ananta Yudiarso, S.Sos., M.Si., selaku wakil Dekan I FP Ubaya. (sin/sin/4287