FTb Ubaya adakan Lomba Kreasi Salad dan Sandwich, Promosikan Gaya Hidup Sehat samueldim April 10, 2023

FTb Ubaya adakan Lomba Kreasi Salad dan Sandwich, Promosikan Gaya Hidup Sehat

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Minggu, 9 April 2023 Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (FTb Ubaya) mengadakan Lomba Kreasi Salad dan Sandwich Sehat. Tujuan diadakannya lomba tersebut adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai berbagai makanan sehat yang mudah dibuat dan praktis. Pada kesempatan ini, Yayon Pamula Mukti, S.TP., M.Eng., selaku Dosen Program Kekhususan Bionutrisi dan Inovasi Pangan FTb Ubaya turut hadir. Tak hanya lomba, sesi demonstrasi pembuatan salad dan sandwich juga menjadi salah satu kegiatan di acara ini. Dengan agenda-agenda tersebut, kegiatan ini menarik perhatian puluhan peserta yang sebagian besar merupakan siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/K) di Surabaya.

“Salah satu tujuan kami mengadakan lomba ini adalah untuk memeriahkan bulan puasa,” tutur Yayon. Menurutnya, masyarakat Indonesia masih sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat ketika berbuka puasa atau sahur. “Oleh karena itu, kami ingin memperkenalkan beberapa alternatif makanan yang lebih sehat, praktis, dan juga enak,” ujarnya. Dalam lomba ini, makanan sehat yang menjadi fokus berupa salad dan sandwich. Pemilihan kedua jenis makanan ini bukanlah tanpa sebab. “Salad dan sandwich tidak membutuhkan waktu lama untuk dipersiapkan dan bahan-bahannya juga terhitung murah,” jelas Yayon. Selain itu, dari kegiatan lomba ini, Yayon berharap nama Ubaya dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas. “Khususnya, masyarakat bisa lebih mengenal Program Bionutrisi dan Inovasi Pangan di FTb Ubaya,” pungkasnya.

Lomba Kreasi Salad dan Sandwich Sehat ini telah menarik perhatian cukup banyak siswa dan siswi SMA. Salah satu peserta, yaitu Stevie Ancilla Tanuwijaya dari SMA Santa Maria Surabaya, pertama kali mendengar lomba ini melalui aplikasi Instagram. Ia mengikuti lomba karena merasa membuat salad dan sandwich akan menjadi pengalaman yang seru. “Selain itu, saya juga jarang mendengar bahwa ada lomba mengenai kreasi salad di Surabaya,” ujarnya. Ia berharap bahwa dengan mengikuti lomba ini, kemampuannya membuat salad dapat semakin berkembang.

Seluruh peserta berusaha dengan sangat baik dalam perlombaan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam. Berakhirnya perlombaan ditandai dengan penilaian dari juri yang ditentukan oleh beberapa kriteria, yaitu: kelengkapan nutrisi, rasa, penampilan, dan kebersihan. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, juri berhasil mendapatkan tiga tim terbaik. Juara 1 diraih oleh Tim Rangers dari SMK 6 Surabaya, Juara 2 dimenangkan oleh Tim Bagel dari SMA Petra 4 Surabaya, dan Juara 3 pada perlombaan ini diperoleh Tim Hollyhock dari SMK 6 Surabaya. (cbw/jel/4241)