Fantasia 2023: Tumbuhkan Nilai Budaya pada Generasi Muda samueldim March 21, 2023

Fantasia 2023: Tumbuhkan Nilai Budaya pada Generasi Muda

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Sabtu, 18 Maret 2023 Departemen Seni dan Budaya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) menyelenggarakan Festival Budaya Indonesia (Fantasia) 2023. Acara ini diselenggarakan sebagai wadah bagi mahasiswa sederajat untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang kesenian. Fantasia 2023 diselenggarakan dengan mengangkat tema “Abhinaya Karya, Triasih Melestarikan Buddhayah”. Diselenggarakan secara offline di ruang Serbaguna Fakultas Psikologi (SGFP) Ubaya, acara ini diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan Ubaya dan non Ubaya.

Dr. Evy Tjahjono, S.Psi., M.G.E., selaku Dekan Fakultas Psikologi Ubaya menyampaikan sambutannya dalam acara ini. “Sungguh membanggakan karena teman-teman Fakultas Psikologi Ubaya peduli dengan pelestarian budaya yang ada di Indonesia,” bukanya. Evy berharap pelestarian budaya bukan hanya dilakukan dalam lingkup seni tetapi juga dalam perilaku. “Seni budaya adalah sebuah perwujudan, tapi yang lebih penting bagaimana menjadikan nilai-nilai budaya sebagai bagian dari hidup kita,” katanya. Melalui acara ini, Evy berharap nilai-nilai budaya akan semakin dikuatkan dan nantinya menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia.

Selain itu, Geraldyne Gavrielle Giovanna Lucas, Mahasiswi Fakultas Psikologi Ubaya angkatan 2020, selaku Ketua Acara Fantasia 2023 turut memberikan sedikit penjelasan terkait Fantasia 2023. Ia menyatakan bahwa Fantasia 2023 merupakan perlombaan kesenian yang mengangkat tema budaya daerah Indonesia. “Lombanya sendiri ada lima cabang, yaitu solo singer, dance, fotografi, desain poster, dan stand up comedy, yang mana kelimanya mengangkat tema budaya,” tutur Gavy. Acara ini dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan suatu nilai atau budaya pada generasi muda Indonesia. “Saat ini, paparan informasi mengenai kebudayaan dari berbagai negara menimbulkan perubahan pada masyarakat Indonesia. Fantasia 2023 diselenggarakan agar budaya Indonesia tidak terlupakan,” katanya.

Berkaitan dengan pelaksanaan Fantasia 2023, Gavy menyampaikan harapannya untuk acara ini. “Semoga acara ini dapat menumbuhkan nilai budaya pada generasi muda,” tuturnya. Tidak hanya itu, Gavy juga menyampaikan harapannya untuk peserta Fantasia 2023. “Semoga dengan diselenggarakannya Fantasia 2023, teman-teman mahasiswa dapat semakin aktif lagi berkarya untuk melestarikan budaya Indonesia,” tutupnya. (jv/vta/4216)