KSM Tekkim Ubaya Selenggarakan Pelatihan Komputasi, Tingkatkan Kemampuan Digital Mahasiswa samueldim February 27, 2023

KSM Tekkim Ubaya Selenggarakan Pelatihan Komputasi, Tingkatkan Kemampuan Digital Mahasiswa

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Sabtu, 25 Februari 2023, Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Surabaya (KSM Tekkim Ubaya) menyelenggarakan Pelatihan Komputasi (PEL-KOM) dengan tema Matlab Tips dan Trik (MATRIKS). Acara ini bertujuan untuk melatih dan membantu mahasiswa menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan Teknik Kimia di bidang pemrograman dengan menggunakan aplikasi Matlab berbasis matriks. PEL-KOM diselenggarakan di Laboratorium Simulasi Gedung Teknik, Kampus II Ubaya dan dihadiri oleh puluhan peserta kalangan Ubaya. Austin Kristandi dan Ricardo Angelio, selaku mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2020 hadir sebagai tutor dalam PEL-KOM ini.

Calvin Liviandy, mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2021 sekaligus ketua acara PEL-KOM, menjelaskan lebih lanjut mengenai pelatihan ini. “PEL-KOM MATRIKS sendiri diisi dengan pemaparan mengenai aplikasi Matlab beserta penggunaannya. Di samping itu, para tutor juga memberikan tips dan trik kepada para peserta dalam mengerjakan soal perhitungan menggunakan Matlab tersebut,” jelasnya. Dengan begitu, PEL-KOM turut menjadi wadah untuk mempersiapkan mahasiswa Teknik Kimia dalam menghadapi mata kuliah yang membutuhkan software, misalnya komputasi numerik. “Mata kuliah tersebut akan dimulai dari semester empat dan dilanjutkan pada semester-semester berikutnya sehingga target mahasiswa dalam PEL-KOM ini adalah angkatan 2021 dan 2022,” tambah Calvin.

Diisi dengan pemaparan materi, para tutor menggunakan sebuah modul dalam pelaksanaannya. “Modul yang juga dibagikan pada para peserta tersebut berisi materi yang tentunya telah melewati sesi konsultasi dengan dosen pembimbing jurusan Teknik Kimia,” ungkap Calvin. Lebih lanjut, Calvin juga mengutarakan harapannya dengan terselenggaranya pelatihan ini. “Melalui adanya PEL-KOM ini, diharapkan para peserta dapat lebih familiar dan mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, khususnya ketika menghadapi mata kuliah yang membutuhkan software,” tutupnya. (nj, jes/jes/4189)