Mengenal Konsep Pengolahan Bahan Makanan yang Sehat Melalui FINA 2023 samueldim February 6, 2023

Mengenal Konsep Pengolahan Bahan Makanan yang Sehat Melalui FINA 2023

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) kembali menyelenggarakan acara Food Innovation and Nutrition Award (FINA) 2023. Tujuan diselenggarakannya FINA 2023 yakni mendorong peserta mampu mengaplikasikan konsep pengolahan bahan pangan sehingga dapat tercipta produk pangan baking dengan nilai gizi tinggi. Babak semifinal dan final FINA 2023 diselenggarakan pada Sabtu, 4 Februari 2023 setelah dilaksanakan selama dua hari. Kompetisi ini diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari Jawa dan Bali.

Sharon Indira Gunawan selaku mahasiswi Fakultas Teknobiologi Ubaya angkatan 2021 sekaligus Ketua Acara FINA 2023 menyampaikan bahwa acara ini merupakan sebuah kompetisi tahunan Fakultas Teknobiologi Ubaya yang berfokus pada bidang bionutrisi dan inovasi pangan. “Kompetisi ini terdiri atas tiga babak utama dengan penyisihan sebagai babak pertama. Pada babak penyisihan, peserta akan mengerjakan soal pada web,” jelasnya. Babak kedua adalah semifinal, yang mana peserta akan melakukan praktikum sesuai modul yang telah disiapkan. “Sementara pada babak final, peserta akan melakukan inovasi untuk menghasilkan produk baking yang bernutrisi tinggi,” katanya.

Lebih lanjut, Sharon turut menyampaikan bahwa FINA 2023 mengangkat tema “Functional Bakery: Nutribake”. Menurutnya, pemilihan tema didasarkan pada kegemaran banyak orang dalam melakukan baking. “Seiring dengan berkembangnya zaman, inovasi pada baking semakin sering dilakukan, baik pada bahan maupun pengolahannya. Melalui inovasi ini, diperoleh produk yang lebih menunjang gaya hidup sehat,” jelasnya.

Guna memperoleh produk yang mampu menunjang gaya hidup sehat, individu juga perlu memahami konsep dan cara melakukan baking dengan benar. “Maka dari itu, melalui tema ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan konsep pengolahan bahan pangan, terkhusus baking dalam rangka menciptakan produk yang praktis dan kaya akan nutrisi,” tambahnya.

Berkaitan dengan FINA 2023, Sharon menyampaikan harapannya terkait acara ini. Ia berharap agar FINA di tahun selanjutnya dapat semakin berinovasi, kreatif, serta bervariasi. Selain itu, Sharon juga berharap jumlah peserta dari FINA 2023 dapat terus meningkat dari tahun sebelumnya. “Dengan demikian, Fakultas Teknobiologi Ubaya dapat semakin dikenal oleh masyarakat,” tutupnya. (jv/vnd/4164)