Media Edukasi Interaktif Hasil Kolaborasi FIK Ubaya dan ITB untuk Sekolah Alam Balikpapan samueldim January 3, 2023

Media Edukasi Interaktif Hasil Kolaborasi FIK Ubaya dan ITB untuk Sekolah Alam Balikpapan

Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya) berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengkreasikan Media Edukasi Interaktif Berbasis Bahasa Rupa. Workshop yang diprakarsai oleh Dr. Alvanov Zpalanzani, Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB ini mengundang Hedi Amelia Bella Cintya S.Ds, M.Ds., selaku Dosen Fakultas Industri Kreatif Ubaya sebagai pemateri dan pembuat Kamishibai, metode belajar anak-anak Jepang.

Kolaborasi ini membuahkan workshop yang diberikan kepada Sekolah Alam Balikpapan (SAMBA) di Kalimantan Timur, 2022 lalu kepada seluruh guru dan fasilitator SAMBA yang hadir sebanyak lima puluh orang. Kegiatan workshop itu sendiri berfokus pada pemanfaatan permainan papan dan kamishibai sebagai media pembelajaran untuk siswa dan siswi SAMBA.

“Variasi media pembelajaran merupakan kunci penting,” ungkap Hedi. Ia menerangkan bahwa variasi tersebut diperlukan agar siswa tidak merasakan jenuh saat mendapatkan materi pembelajaran. Melalui workshop yang telah dilakukan tersebut, diharapkan metode pembelajaran di Sekolah Alam Balikpapan menjadi makin variatif sehingga membuat proses belajar-mengajar lebih menyenangkan, salah satunya melalui Kamishibai. Kamishibai adalah pertunjukkan teatrikal jalanan berbentuk slide naratif yang populer dikalangan anak-anak Jepang pada masa pasca perang dunia II.

Ketiga institusi pendidikan memang tengah menjalin kerjasama untuk merancang Media Edukasi Interaktif Berbasis Bahasa Rupa. Alvanov menjelaskan bahwa bahasa rupa sendiri merupakan sebuah teori rumusan seorang guru besar ITB, Alm. Prof. Dr. H. Nang Primadi Tabrani. Rangkaian kegiatan workshop yang berlangsung selama dua hari itu akhirnya ditutup oleh Dr. Alvanov Zpalanzani selaku ketua acara dengan melakukan serah terima prototype kamishibai kepada direktur Sekolah Alam Balikpapan, Ibu Dewi Husnul Khotimah.