Diet Lebih Optimal dengan Berolahraga samueldim December 28, 2022

Diet Lebih Optimal dengan Berolahraga

written by: Warta Ubaya @wartaubaya; illustrated by: Image by macrovector on Freepik

Diet sering kali dikaitkan dengan usaha menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makanan. Tak jarang pula orang yang menjalankan diet mengalami malnutrisi akibat berfokus hanya pada pengurangan porsi makanan. Padahal, diet bukan hanya tentang menurunkan berat badan, melainkan mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Hal ini dapat dicapai dengan optimal apabila diet juga dilakukan dengan berolahraga. Melalui olahraga, kita dapat memperoleh berbagai manfaat sebagai berikut:

Membakar Kalori Lebih Banyak

Berbicara mengenai diet, pasti kita tidak akan jauh dari pembahasan tentang kalori. Sebab utama orang mengurangi porsi makan saat melakukan diet adalah untuk membatasi asupan kalori yang masuk. Akan tetapi, rupanya hal ini dapat membawa efek negatif bagi tubuh jika dilakukan secara ekstrem dan terus-menerus demi mendapatkan hasil yang instan. Oleh karena itu, alih-alih mengurangi kalori yang masuk, kita dapat meningkatkan kalori yang keluar. Hal inilah yang mampu diatasi oleh olahraga. Beberapa contoh olahraga yang dapat membakar banyak kalori, yaitu: climbing, berenang, dan sprint.

Memudahkan Program Diet

Dalam menjalani keseharian, tentu tubuh memerlukan energi dari makanan yang kita konsumsi. Apabila program diet hanya berfokus pada pengurangan porsi makanan, rasa lapar akan muncul dan mengganggu konsentrasi kita. Lebih lanjut, rasa lapar ini sering kali tak tertahankan dan malah mengakibatkan kita makan dengan porsi yang lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu penyebab umum gagalnya diet seseorang. Namun dengan berolahraga, kita dapat makan dengan porsi yang normal sembari berproses menuju bentuk badan ideal.

Mengutamakan Pola Hidup Sehat

Program diet yang sehat adalah yang memerhatikan keseimbangan asupan karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin, serta menjalankan olahraga. Nyatanya, berolahraga bukan hanya membantu proses mencapai bentuk tubuh ideal, melainkan juga menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani. Misalnya, dengan rutin lari pagi, otot-otot paha dan betis akan menjadi lebih kencang, kuat, dan ramping. Di samping itu, kinerja jantung juga akan lebih terlatih dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Menjaga Bentuk Tubuh agar Ideal

Setelah menjalani berbagai upaya diet untuk membentuk tubuh yang ideal, tentu kita tidak ingin kembali ke bentuk tubuh yang sebelumnya. Oleh karena itu, kita perlu melakukan upaya untuk tetap mempertahankan bentuk tubuh yang ideal. Olahraga merupakan salah satu upaya yang dapat kita lakukan. Contohnya, kita dapat mempertahankan massa otot dengan rutin angkat beban. Jadi, tetap diperlukan konsistensi dalam berolahraga meski program diet telah berhasil ya!

Beberapa poin di atas merupakan berbagai manfaat yang dapat kita peroleh apabila menjalankan diet sembari berolahraga. Tidak hanya untuk menyehatkan tubuh, tetapi juga untuk membantu program diet yang bertujuan membentuk tubuh ideal. Namun, ada baiknya apabila kita mencari tahu terlebih dahulu jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini diperlukan agar tidak timbul pemikiran bahwa olahraga yang telah dilakukan adalah sia-sia. Padahal, sebenarnya jenis olahraganyalah yang kurang tepat. So, kapan mau mulai olahraga nih?(mik, yla)