E-sport: Olahraga Elektronik dengan Berbagai Manfaat samueldim December 26, 2022

E-sport: Olahraga Elektronik dengan Berbagai Manfaat

Image by: jcomp on Freepik

Written by: Warta Ubaya (@wartaubaya)

Akhir-akhir ini, Electronic sport (E-sport) tengah populer di kalangan anak muda hingga dewasa. Hal tersebut dikarenakan E-sport terbuka untuk berbagai kalangan usia serta dipandang sebagai media pelepas penat atau stres. Jenis game-nya yang variatif membuat para pemainnya tidak merasa bosan, beberapa di antaranya adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Real-Time Strategy (RTS), dan First Person Shooter (FPS). Kendati demikian, bagi orang awam E-sport hanyalah sebuah permainan untuk bersenang-senang. Adanya pemikiran tersebut memunculkan berbagai pandangan negatif dari lingkungan masyarakat bahwa bermain E-sport hanya membuang-buang waktu dan tidak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Padahal, E-sport merupakan kegiatan olahraga yang memiliki beragam manfaat. Kira-kira apa saja manfaat dari E-sport?

Melatih Pemikiran Strategis

Agar dapat memenangkan suatu permainan, tentu dibutuhkan strategi yang baik. Namun sebelum melaksanakan strategi yang baik, diperlukan adanya perancangan yang matang oleh tim, seperti cara menyerang musuh demi memenangkan permainan. Perancangan tersebut memerlukan kemampuan berpikir kritis serta pemecahan masalah yang baik. Hal ini diwujudkan melalui komunikasi dan kerja sama dalam tim. Ketika tim memiliki komunikasi dan kerja sama yang baik, strategi yang disusun pun dapat berjalan dengan lancar.

Memperluas Lingkungan Pertemanan

Selain memberikan manfaat pada aspek kognitif, E-sport juga membantu pemain memperluas lingkungan pertemanan yang dalam hal ini berkaitan dengan kemampuan bersosialisasi. Dilansir dari laman Suara.com, sebanyak 54 persen pemain E-sport mengatakan bahwa game membantu mereka terhubung dengan teman baru. Banyak pemain yang berteman dengan pemain lain, baik yang berasal dari luar kota maupun luar negeri. Tak heran jika para pemain E-sport memiliki lingkungan pertemanan yang cukup luas.

Membantu Meredakan Stres

Terdapat banyak cara untuk mengurangi maupun menghilangkan stres, salah satunya yang kerap dilakukan anak muda adalah dengan bermainE-sport. Biasanya anak muda akan merasa pikirannya lebih fresh setelah bermain game. Dengan bermain game,para pemain akan merasa senang sehingga tubuh dapat melepaskan hormon endorfin yang diketahui sebagai hormon bahagia seseorang. Hal ini dimungkinkan karena adanya interaksi dengan pemain lain sehingga mampu melupakan masalah yang terjadi.

Menumbuhkan Kemampuan Multitasking

Tahukah kalian bahwa permainan E-sport seperti FPS dan mobile game lainnya dapat meningkatkan kemampuan multitasking? Games tersebut mengharuskan pemain untuk bergerak dengan cepat dalam permainan sembari berkomunikasi serta memikirkan strategi bersama tim. Meski terkesan sulit dilakukan, individu akan mendapatkan manfaatnya apabila dilatih dengan baik. Salah satu contohnya yakni mampu menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan cepat.

Melalui tulisan di atas, dapat kita pahami bahwa selain untuk melepas stres, ternyata E-sport memiliki berbagai manfaat lain. Tak hanya aspek kognitif, kemampuan bersosialisasi pun juga ikut terasah. Namun, meskipun memiliki beberapa manfaat, perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam bermain game, seperti bermain dari pagi hingga subuh hari tanpa henti. Apabila dilakukan secara berlebih, justru akan menghilangkan manfaat dari E-sport itu sendiri. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap aware dengan waktu ketika bermain game, ya!(RE2, dhi)