Olahraga, Apa Saja sih Manfaatnya? samueldim December 24, 2022

Olahraga, Apa Saja sih Manfaatnya?

By: Warta Ubaya @wartaubaya

“Olahraga”, ketika mendengar kata tersebut, sebagian besar orang akan mengaitkannya dengan kesehatan. Memang tak dapat dimungkiri bahwa dengan rajin berolahraga, tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan fungsi organ akan berjalan dengan baik. Kegiatan jasmani ini nyatanya mampu memelihara kesehatan serta meningkatkan imun tubuh. Selain itu, olahraga juga memberikan dampak positif secara psikis. Sebagai contoh, ketika kita memiliki tubuh yang bugar karena terbiasa berolahraga, suasana hati akan menjadi lebih stabil. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Yuk simak tulisan berikut ini.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meski telah mengonsumsi makanan bergizi serta tidur selama enam hingga delapan jam sesuai kebutuhan, rupanya hal tersebut masih belum cukup untuk memperoleh tubuh yang sehat dan kuat, khususnya pada masa transisi pandemi saat ini. Dibutuhkan pula olahraga guna meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Dengan berolahraga, antibodi dan sel-sel darah di dalam tubuh akan ikut terangsang untuk bersirkulasi lebih cepat, begitu juga dengan respons imun saat mendeteksi suatu penyakit. Aktivitas fisik yang dapat membantu kita untuk meningkatkan imunitas tubuh salah satunya adalah berjalan kaki di sekitar rumah. Terkait dengan durasi, idealnya adalah sekitar 90 menit. Meskipun demikian, penting bagi kita untuk tidak berolahraga secara berlebihan tanpa diselingi jeda istirahat. Hal tersebut diperlukan agar efek samping berupa kelelahan atau penurunan respons imun tidak terjadi.

Mengubah Suasana Hati

Ketika merasa sedih maupun gundah, hal yang paling umum kita lakukan adalah bercerita pada seseorang. Namun, ada aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik, yakni dengan berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin, otak akan melepas hormon endorfin (menghilangkan rasa sakit), adrenalin (meningkatkan kerja jantung), serotonin (memperbaiki suasana hati), dan dopamin (mengendalikan emosi). Zat-zat kimia tersebut akan bekerja sama sehingga kita akan merasa lebih bahagia. Olahraga yang mampu mengubah suasana hati salah satunya adalah yoga. Olahraga ini berfokus pada peregangan, pernapasan, dan gerakan halus yang dilakukan sembari melepaskan emosi negatif, seperti sedih atau marah. Selain itu, pikiran kita juga akan kembali tenang setelah melakukan yoga.

Menambah Massa Otot

Massa otot merupakan pendukung pergerakan tubuh manusia. Oleh karena itu, kita perlu meningkatkannya dengan berolahraga agar risiko cedera yang dialami ketika melakukan aktivitas jasmani dapat diperkecil dengan memiliki massa otot yang kuat. Salah satu alternatif olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan massa otot adalahpush up. Olahraga ini terbilang praktis karena tidak memerlukan alat khusus, melainkan hanya menggunakan beban tubuh kita. Dengan melakukan push up secara rutin, massa otot pada bagian dada, pundak, dan perut dapat terbentuk. Namun, pemenuhan asupan karbohidrat dan protein serta tidur yang cukup juga perlu diperhatikan agar target untuk membentuk massa otot bisa semakin maksimal.

Menurunkan Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah tinggi yang dapat menimbulkan risiko, seperti: komplikasi jantung, strok, dan sebagainya. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi adalah jarang berolahraga atau memiliki berat badan berlebih (obesitas). Maka dari itu, diperlukan gaya hidup yang lebih baik dengan menjalani pola makan sehat dan rutin berolahraga. Adapun olahraga yang disarankan untuk mengurangi tekanan darah, yakni: jalan kaki, bersepeda, dan senam. Aktivitas tersebut dapat dilakukan selama 30 hingga 60 menit sebanyak tiga hingga lima kali dalam seminggu.

Berkomitmen untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat memang tidaklah mudah. Namun, hal ini perlu tetap dilakukan agar dapat memperoleh tubuh yang sehat dan bugar. Kita bisa memulainya Hal ini bisa dimulai dengan menentukan target yang ingin dicapai, menyusun strategi yang perlu dilakukan, lalu melakukan aktivitas ringan seperti berjalan secara rutin selama 15 hingga 30 menit per hari. Dengan melakukan hal tersebut, ketahanan jantung, kekuatan paru-paru dalam mengontrol pernapasan, hingga kekebalan otot dapat semakin meningkat. Selain fisik, kesehatan mental juga dapat semakin membaik, mengingat olahraga mampu menghasilkan hormon-hormon peningkat kebahagiaan, seperti dopamin. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Selamat juga menempuh resolusi tahun baru! (RE1, dhi)