Pekan Ilmiah Mahasiswa Ubaya ke XII, Wadahi Talenta Mahasiswa samueldim December 10, 2022

Pekan Ilmiah Mahasiswa Ubaya ke XII, Wadahi Talenta Mahasiswa

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan Universitas Surabaya (DPK Ubaya) menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya XII (PIMUS XII). Kegiatan PIMUS XII telah diselenggarakan selama 5 hari secara offline dimulai dari hari Senin tanggal 5 Desember 2022 hingga hari Jumat tanggal 9 Desember 2022. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyaring mahasiswa dan mahasiswi Ubaya yang akan mewakili universitas mengikuti perlombaan tingkat nasional maupun internasional. Salah satu rangkaian cara pada PIMUS XII adalah penutupannya, yaitu Closing Ceremony, yang berlangsung pada Jumat, 9 Desember 2022. Ratusan peserta menghadiri Closing Ceremony PIMUS XII yang digelar di Gedung Perpustakaan Kampus II Ubaya Lantai 5.

Dr. Delta Ardy Prima, S.ST., M.T., selaku Direktur DPK Ubaya, hadir memberikan sambutannya secara virtual. “Saya ucapkan selamat bagi para pemenang dan terus berlatih agar nanti bisa mewakili Ubaya ke tingkat nasional maupun tingkat internasional untuk ajang-ajang ilmiah,” buka Delta. Ia juga mengungkapkan bahwa para peserta yang belum berkesempatan memenangkan perlombaan dapat mencoba lagi di kompetisi tingkat regional maupun nasiona. “Saya rasa PIMUS ini bisa menjadi awal atau dasar teman-teman mempersiapkan diri untuk berprestasi,” ucapnya. Tidak hanya itu, Delta juga berharap PIMUS yang akan datang dapat menarik banyak peserta dan ada variasi-variasi lomba baru yang dibentuk dalam acara ini. “Dengan adanya PIMUS ini saya berharap teman-teman mendapatkan richdom, intelligent, dan judgement. Nantinya teman-teman bisa makin berprestasi, maju, cemerlang untuk membawa Ubaya lompat lebih tinggi,” tutup Delta.

Selain itu, Athalia Beatrice, salah satu peserta lomba cabang Kompetisi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KMIPA) Kimia, membagikan sedikit kesan mengikuti perlombaan di PIMUS XII. Berbekal informasi PIMUS tahun lalu membuat Athalia tertarik berpartisipasi dalam kegiatan ini. “PIMUS adalah kegiatan yang dapat melatih mahasiswa untuk berkompetisi. Nantinya, para peserta pemenang maupun tidak akan mewakili Ubaya di berbagai kompetisi lainnya,” tutur Athalia. Tak hanya itu, Athalia berharap bahwa PIMUS edisi mendatang akan menghadirkan cabang perlombaan baru yang dapat semakin melatih kreativitas mahasiswa. “Semoga PIMUS diselenggarakan setiap tahunnya dan ada cabang perlombaan baru yang dapat melatih kreativitas mahasiswa yang lain. Semoga semakin sukses!,” tutup Athalia.(sxn, cbw/fg1)