Mengetahui Tips Belajar Menghadapi Ujian Melalui Student Success Seminar samueldim December 8, 2022

Mengetahui Tips Belajar Menghadapi Ujian Melalui Student Success Seminar

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Konseling dan Pengembangan Diri Mahasiswa Universitas Surabaya (KPDM Ubaya) menyelenggarakan seminar bertajuk Student Success Seminar. Mengangkat tema “Examination Skill”, seminar ini bertujuan untuk memberikan tips dan trick kepada mahasiswa dalam mengikuti ujian. Diadakan pada Kamis, 8 Desember 2022, seminar ini mengundang seorang narasumber yakni apt. Dian Natasya Raharjo, S.Farm., M.Farm-Klin selaku Dosen Fakultas Farmasi Ubaya. Setidaknya puluhan peserta dari kalangan mahasiswa Ubaya turut hadir dalam seminar yang diadakan secara offline di Gedung Perpustakaan Lt. 5 Ubaya.

Dian membuka diskusinya dengan membahas alasan dan target mahasiswa saat menempuh pendidikan di jenjang universitas. “Jika kalian punya alasan untuk berkuliah, maka kalian akan melewati beberapa fase untuk mencapai target yakni wisuda,” ujarnya. Dalam hal ini, Dian menjelaskan bahwa di akhir setiap fase perkuliahan,mahasiswa akan menghadapi ujian. Ketika menghadapi ujian, tidak sedikit mahasiswa yang menghadapi ujian dengan sistem belajar ‘kebut semalam’. “Sistem tersebut memberikan kapasitas mengingat otak jangka pendek sehingga tidak dapat diintegrasikan pada semester selanjutnya,” lanjut Dian.

Melanjutkan sesi diskusi, Dian membahas terkait tips dan trick dalam memaksimalkan belajar untuk menghadapi ujian. “Lakukan revision skill yakni proses mengulang kembali materi yang diberikan oleh dosen saat di kelas,” ujarnya. Namun, Dian menyatakan bahwa penerapan tidak mudah karena perlu dilakukan secara berkala dan dimulai sejak minggu awal perkuliahan. “Memang hal yang sulit untuk dilakukan dalam revision skill adalah memulainya, tapi setelah terbiasa akan menimbulkan rasa puas tersendiri dan semangat belajar yang tinggi,” sambungnya. Dalam menerapkan revision skill, Dian juga mengingatkan kepada para mahasiswa yang hadir untuk tetap memberikan porsi belajar dan istirahat yang seimbang.

Tips berikutnya dalam menghadapi ujian yakni menghindari distraksi. “Dalam menghindari distraksi, cara yang bisa dilakukan yaitu menerapkan mindfulness,” ujar Dian. Menurutnya, mindfulness dapat menenangkan otak sehingga lebih fokus saat belajar. Selain itu, menghindari distraksi dapat dilakukan dengan mencari tempat yang nyaman untuk belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing. “Jika nyaman dengan kondisi belajar yang ramai bisa berkunjung ke cafe atau menggunakan musik agar lebih fokus,” tambah Dian.

Dian juga memberikan tips untuk mengurangi rasa khawatir terhadap hasil ujian. “Tidak perlu khawatir karena kalau sudah belajar dengan maksimal dan melakukan yang terbaik, ketika hasilnya baik atau buruk kita akan tetap merasa puas,” tutur Dian. Melanjutkan hal tersebut, Dian mengatakan bahwa hasil ujian dapat membuat mahasiswa mengenali kemampuan diri sendiri. “Jika hasil ujian tidak baik, maka ini menjadi tahapan dalam mengenali kemampuan diri, tetapi perlu diingat kita semua masih memiliki kesempatan untuk mencoba kembali,” sambung Dian. Perlu diketahui bahwa dengan memulai dan mencoba merupakan satu tahap lebih tinggi untuk mencapai target yang diinginkan. “Mulai saja dulu, anda harus meniti tangga sampai puncak akan berarti kalau sudah menaiki anak tangga pertama,” tutup Dian. (yla, jv)