Unique Capabilities, Kunci Utama Kembangkan Sustainable Business samueldim December 3, 2022

Unique Capabilities, Kunci Utama Kembangkan Sustainable Business

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Sabtu, 3 Desember 2022 Program Studi Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) mengadakan webinar. Dengan tema “Dealing with High Competition in Business: How to Create a Competitive Advantage as a Sustainable Business Development Strategy”, kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan terkait pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Moehamad Irwan Maulana, S.P., M.M., selaku Senior Executive Vice President Perseroan Terbatas (PT) Agro Medika Nusantara diundang sebagai narasumber pada kegiatan kali ini. Sedikitnya ratusan peserta dari kalangan Ubaya dan umum turut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Unique capabilities adalah seperangkat sumber daya unik yang terdiri dari aset berwujud, tidak berwujud, serta kapabilitas organisasi untuk memanfaatkan aset,” papar Irwan. Menurutnya, aset berwujud mudah diidentifikasi dan ditemukan dalam neraca perusahaan, seperti: bangunan, keuangan, dan teknologi. Beralih pada aset tidak berwujud, sulit disentuh dan dilihat tetapi penting untuk menghasilkan keunggulan dalam persaingan, seperti: sumber daya manusia, inovasi, dan reputasi. Sementara kapabilitas organisasi merupakan serangkaian kemampuan dalam menggabungkan aset, sumber daya manusia, serta proses mengubah input menjadi output, seperti: sistem informasi, manajemen, research and development, dan distribusi. “Unique capabilities dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang memiliki empat nilai dasar, yaitu: inimitability, valuable, non substited, dan rare,” tutur Irwan. Hal ini memungkinkan terciptanya bisnis yang berkelanjutan atau sustainable business.

“Secara harfiah, sustainable business tidak hanya melibatkan planet, melainkan juga profit dan people,” tutur Irwan. Maka dari itu, fokus utama dari sustainable business mencakup bagaimana planet dapat terus berkesinambungan sehingga bisa diwariskan pada anak dan cucu di masa mendatang dengan kondisi yang lebih baik. Namun, untuk mengembangkan sustainable business, sebuah perusahaan perlu mencapai tujuan, meningkatkan nilai dalam jangka waktu panjang, konsisten dalam menjaga pencapaiannya, serta memahami tren jangka panjang. “Dengan demikian, perusahaan dapat merespons dan menyadari peluang baru dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di masa mendatang, menanggapi regulasi lebih cepat daripada pesaing, membangun reputasi, serta memotivasi staf. Semuanya dapat membantu perusahaan menciptakan bisnis yang menarik,” ungkap Irwan.

Sesi tanya jawab menjadi sesi penutup pada webinar kali ini. Salah satu peserta, Zofarizal Gusfa, bertanya terkait, “Bagaimana Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa membuat unique capabilities?” Menanggapi pertanyaan tersebut, Irwan menjawab bahwa sebelum membuat produk berupa barang atau jasa, kita perlu memahami terlebih dahulu kebutuhan pasar akan produk tersebut melalui survei. “Dari survei itu, otomatis kita sudah melakukan environment scanning yaitu faktor eksternal mengenai peluang pasar yang dapat dimanfaatkan,” jelas Irwan. Setelahnya, kita dapat memetakan finance, marketing, operation, dan human resource dari UMKM hingga mengetahui faktor internal yang dominan. “Unique capabilities akan kita ketahui seiring berjalannya waktu. Tugas kita sekarang adalah mencari unique capabilities kita dengan pesaing lainnya,” tutup Irwan.(dhi,vnd)