Ubaya Ajak Siswa Juara Lomba Peneliti Pelajar Praktik Machine Learning hingga Ekstraksi DNA samueldim November 29, 2022

Ubaya Ajak Siswa Juara Lomba Peneliti Pelajar Praktik Machine Learning hingga Ekstraksi DNA

Universitas Surabaya (Ubaya) mendukung terwujudnya learning beyond the classroom. Terkait dengan hal tersebut pada Selasa, 29 November 2022, Ubaya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya, dan Pantala Science Club mengadakan kegiatan Jambore Juara Lomba Peneliti Pelajar Surabaya 2022. Pada kesempatan ini, Ubaya menjadi tuan rumah jambore sekaligus menjadi pembina untuk sedikitnya 144 siswa-siswi SMP pemenang Lomba Peneliti Pelajar Surabaya 2022. Kegiatan dibuka Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Kampus Ubaya II Tenggilis.

Edy Purwanto, S.T., M.Eng.Sc., selaku Manajer Kerjasama Kelembagaan Dalam Negeri, Direktorat Kerjasama Kelembagaan Ubaya pun menerangkan rasa terima kasih karena sudah dipercaya. ‘Sebelumnya selamat untuk hal-hal baru dari pengembangan yang sudah dilakukan, selamat untuk keberhasilannya sebagai juara,’ ungkap Edy. Pada kesempatan ini ia pun menerangkan bahwa ini adalah kesempatan yang bagus bagi seluruh peserta. ‘Akan sangat bermanfaat bagi pengembangan diri,’ tutup Edy. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknobiologi.

Serupa dengan Edy, Tri Endang Kustianingsih, M.Pd., selaku Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya pun menerangkan bahwa kegiatan ini telah diantisipasi oleh adik-adik SMP. ‘Terima kasih untuk Ubaya yang sudah mengakomodir minat adik-adik SMA, sehingga bisa melihat beberapa lab yang dimiliki Ubaya,’ ungkapnya. Ia pun juga mengingatkan bagi seluruh siswa-siswi SMP untuk bisa mengikuti dengan baik, karena Ubaya menjadi wadah yang luar biasa bagi pengembangan mereka dengan fasilitas yang spesifik sesuai dengan keilmuan.

Siswa-siswi yang tergabung dalam bidang social science, ilmu hayati dan lingkungan, fisika, matematika dan komputer, mengikuti berbagai praktikum di lab-lab yang telah disediakan. Bidang social science akan mendapatkan praktikum tentang machine learning dan kaitannnya dengan riset sosial. Pada bidang Ilmu Hayati dan Lingkungan, siswa siswi SMP diajak melakukan ekstraksi DNA dan modelling. Pada bidang Fisika akan diajak untuk melakukan eksperimen penggunaan alat ukur. Pada bidang Matematika dan komputer, siswa akan diajak untuk melakukan praktikum berjudul: ‘application of math in computer vision’. (sml/sml)