Mata Korban Kanjuruhan Memerah, Dokter Bilang Bisa Sampai 3 Pekan samueldim October 26, 2022

Mata Korban Kanjuruhan Memerah, Dokter Bilang Bisa Sampai 3 Pekan

Surabaya, – Sudah satu minggu lebih tragedi Kanjuruhan terjadi, namun mata salah satu korban bernama Raffi Atha (14) merah pekat seperti penuh darah. Dokter spesialis mata RS Katolik Vincentius A Paulo Surabaya dan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (Ubaya) dr Sawitri Boengas SpM mengatakan bahwa kondisi ini bisa terjadi dalam waktu yang lama dan berbahaya.
1. Bahan kimia bisa sebabkan pendarahan pada mata
Mata merah seperti penuh darah tersebut terjadi karena zat kimia yang ada dalam kandungan gas air mata masuk ke dalam mata. Bahan kimia tersebut dapat membuat iritasi pada mata.
‘Mata kita sebagian besar terdiri dari Mukosa, terutama di konjungtiva, kalau teriritasi. Itu kan tempat yang buat lapisan air mata, jadi relatif lebih kering, itu jadi terganggu sehingga akan terjadi proses peradangan. Kalau peradangan sangat besar itu bisa terjadi pendarahan di permukaan mata,’ ujarnya kepada IDN Times, Selasa (11/10/2022). Pendarahan terjadi di selaput permukaan mata. Butuh waktu 3 minggu agar mata tersebut bisa pulih total.
2. Efek zat kimia tergantung kadar keasaman
Yang menentukan seberapa parah efek gas air mata tersebut masuk ke dalam mata adalah tingkat keasaman pada zat kimia. Semakin basa zat kimia semakin bahaya bagi permukaan mata.
‘Tapi, asam pun tidak kalah bahayanya dia sangat pekat, itu yang harus diwaspadai. Efeknya dalam jangka waktu lama. Kalau basa itu bisa masuk dalam bola mata, bisa rusak,’ ungkap dr. Sawitri.
3. Pasien perlu memastikan kornea matanya tidak terkena gas air mata
Ia menjelaksan, jika terkena bahan kimia seperti gas air mata, yang perlu dipastikan adalah apakah kornea pada mata tersebut terkena atau tidak. Jika terkena kornea mata, efeknya akan sangat bahaya.
‘Sehingga, kalau kornea kena bahan kimia itu bisa meresap di bola mata, misal prosentase kadarnya pekat itu bahaya sekali,’ jelasnya.
Pasien perlu memastikan agar kornea matanya baik-baik saja dengan datang ke dokter. Konjungtiva mata juga perlu dirawat dengan baik. ‘Karena bisa komplikasi macem-macem,’ tutur dr Sawitri.
Bila terkena gas iar mata kata dia, mata harus segera dibilas dengan air mengalir secara terus menerus. Setelah itu bisa langsung mencari pertolongan dengan datang ke dokter.
Sumber: idntimes.com