Layanan Cek Kesehatan Untuk Masyarakat Sekitar Ubaya samueldim October 20, 2022

Layanan Cek Kesehatan Untuk Masyarakat Sekitar Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) selalu berkomitmen untuk berkontribusi terhadap masyarakat sekitar. Salah satunya melalui kegiatan hasil kolaborasi antara Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan (Pusdakota) Ubaya, dengan Klinik Pratama Ubaya (Ubaya Medical Center) yakni Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan pada hari Kamis, 20 Oktober 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Pusdakota ini diikuti sedikitnya 90 warga sekitar kelurahan Kalirungkut.

“Kita ingin lebih mendekatkan warga sekitar Ubaya,” ungkap Masyhur, A.Md., S.T., selaku Manajer Komunikasi Pengembang Sarana dan Prasarana Pusdakota Ubaya. Ditemui di lokasi, ia mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Ubaya Medical Center sebagai salah satu pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh Ubaya. “Supaya masyarakat bisa merasakan manfaat dari keberadaan unit di Ubaya,” imbuhnya. Pusdakota membagikan undangan ke warga disekitar dalam bentuk kupon. Kupon tersebut nantinya akan diberikan ke petugas di lapangan, sebagai bentuk registrasi ulang. Masyarakat kemudian mendapatkan nomor antri untuk pemeriksaan.

dr. Christian Hanjokar selaku Tenaga Medis di Ubaya Medical Center, sebagai koordinator tenaga kesehatan di kegiatan baksos ini pun menerangkan bahwa layanan yang diberikan beragam, mulai dari pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol total. “Lalu pasien juga mendapatkan konsultasi gratis dari saya selaku dokter,” tambahnya. Ia pun menerangkan bahwa tes yang diberikan bertujuan untuk melakukan screening awal penyakit-penyakit kronis.

Screening awal ini ditujukan supaya masyarakat sekitar Ubaya paham terhadap kesehatan pribadi masing-masing. “Terlebih lagi di era pandemi, covid berdampak lebih pada orang yang punya penyakit kronis,” terangnya serius. Screening ini adalah bentuk kontrol terhadap penyakit, dan juga segera berobat. dr. Christian pun menerangkan bahwa masyarakat sekitar Ubaya bisa memanfaatkan fasilitas Ubaya Medical Center (depan Halte Fakultas Hukum Ubaya), bahkan dengan BPJS. “Jika ingin faskes tingkat satu ke Ubaya Medical Center silahkan, syarat-syarat dilengkapi nanti kita bantu,” tutupnya. (sml/sml)