Ubaya Gelar Lokakarya Program MBKM, Persiapkan Mahasiswa untuk Hadapi Perubahan samueldim October 4, 2022

Ubaya Gelar Lokakarya Program MBKM, Persiapkan Mahasiswa untuk Hadapi Perubahan

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Guna mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Direktorat Penjamin Mutu dan Audit Internal Universitas Surabaya (DPMAI Ubaya) mengadakan lokakarya pada Selasa, 4 Oktober 2022. Kegiatan ini mengusung tajuk “Program MBKM dan Pengembangan Talenta Digital Membekali Mahasiswa Berkarya di Era Industri 4.0”. Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T., selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen DIKTI; Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M., selaku Kepala LLDIKTI Wilayah VII; dan Dra. Rahayu Dwi Riyanti, M.A., selaku Content Manager ICE Institute hadir sebagai narasumber pada acara kali ini. Sedikitnya ratusan peserta dari kalangan mitra perusahaan, dosen, hingga mahasiswa Ubaya hadir pada acara yang dilaksanakan secara luring di East Ballroom 2 Lt. L, Oakwood Hotel and Residence Surabaya.

Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., selaku Rektor Ubaya hadir memberikan sambutannya pada kesempatan kali ini. “Ubaya sebagai salah satu institusi pendidikan swasta sangat mendukung program MBKM agar bisa memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus dan program studi,” papar Benny. Menurutnya, program tersebut sesuai dengan perubahan yang ada saat ini, sehingga menuntut para mahasiswa untuk belajar dan beradaptasi secara cepat. “Apabila kita masih menggunakan cara belajar yang lama, nantinya para lulusan perguruan tinggi kurang bisa bersaing di dunia kerja,” lanjutnya.

Selain itu, Benny menyampaikan bahwa program MBKM turut mempersiapkan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk menjadi pembelajar yang lentur yaitu agile learner. “Apa yang kita pelajari tahun ini mungkin tidak akan berlaku lagi di tahun depan,” ujarnya. Oleh karena itu, pemerintah turut menggalakkan program untuk membentuk talenta serta mentalitas digital. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada para hadirin, sehingga kita bisa bersama-sama membentuk mahasiswa yang siap berkarya di industri 4.0,” tutup Benny.

Lokakarya kali ini rupanya menarik perhatian para peserta. Salah satu mahasiswi dari Fakultas Psikologi Ubaya angkatan 2020, Birgita Kanya Primerose, menuturkan bahwa kegiatan ini memberikan insight baru seputar program MBKM. “Melalui kegiatan ini, saya berharap agar setiap fakultas khususnya di Ubaya mampu memfasilitasi mahasiswanya terkait program MBKM,” tutur Birgita. Tak hanya itu, Birgita juga berharap agar pihak fakultas dan universitas dapat semakin mendukung mahasiswanya dalam mengeksplorasi berbagai kegiatan MBKM, sehingga semua bisa memperoleh kesempatan yang sama.(dhi)