Jamin Kualitas Organisasi Mahasiswa Ubaya dengan LKMM-TD samueldim September 25, 2022

Jamin Kualitas Organisasi Mahasiswa Ubaya dengan LKMM-TD

Universitas Surabaya (Ubaya) berkomitmen untuk melatih mahasiswa secara holistik. Hal ini tertuang dari program yang dilakukan oleh Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan (DPK) Ubaya, melalui kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) yang diadakan dari hari Kamis, 22 September 2022 hingga Minggu, 25 September 2022 di Integrated Outdoor Campus, Kampus III Ubaya Trawas.

“LKMM merupakan dasar kita untuk maju menjadi pemimpin dan menjalankan organisasi dengan baik,” ungkap Dr. Delta Ardy Prima S.ST., M.T., selaku Direktur Pengembangan Kemahasiswaan Ubaya. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan mahasiswa yang memiliki peran sentral dalam organisasi kemahasiswaan Ubaya ini memang berfokuskan pada manajemen organisasi serta kepemimpinan dasar yang wajib dimiliki oleh Badang Pengurus Harian (BPH). Selama 4 hari 3 malam, ratusan mahasiswa ini dilatih untuk mengenal tugas pokok aksi (tupoksi) mereka dalam menjalankan sebuah organisasi.

Kegiatan yang dilatih pun cukup beragam, terdapat sedikitnya belasan materi yang dirangkai supaya peserta dapat memiliki pemahaman yang utuh mengenai sebuah organisasi. Mulai dari perumusan gagasan awal, analisis kondisi organisasi, dasar-dasar organisasi dan kepanitiaan, akuntabilitas kegiatan, pertanggung jawaban keuangan, integritas sebagai dasar pelayanan, tolak ukur keberhasilan, perencanaan jadwal kerja, hingga analisa Strength-Weakness-Opportunities-Threats (SWOT) semua diajarkan di kegiatan ini. Juga ada sesi fasilitator yang mengedepankan interaksi antara unit kegiatan mahasiswa dan para kakak-kakak pembina.

Delta pun berharap bahwa melalui kegiatan ini seluruh organisasi mahasiswa dapat semakin baik. “Dan juga mampu menjamin regenerasi dengan baik agar organisasi mahasiswa mampu everlasting di jaman yang serba disruptif,” ungkap Delta. Ia pun juga mengingatkan untuk seluruh mahasiswa supaya terlibat dalam organisasi dan kepanitiaan yang sesuai dengan minat, agar wawasan dan pandangan makin diperkaya. “Supaya kita semakin paham dengan seluk beluk dunia setelah perkuliahan,” tutup Delta. (sml)