Asah Kreativitas di Bidang Seni dan Multimedia melalui Maniac XI hayuning September 11, 2022

Asah Kreativitas di Bidang Seni dan Multimedia melalui Maniac XI

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Program Studi Teknik Informatika Program Multimedia Universitas Surabaya (Ubaya) kembali mengadakan Multimedia and Interactive Art Competition (Maniac) XI pada 27 Agustus hingga 11 September 2022. Maniac merupakan kompetisi berbasis multimedia yang diselenggarakan setiap tahun. Mengangkat tajuk ‘Race for the Throne‘, para siswa SMA/K sederajat di Indonesia diajak untuk menyusun strategi dalam menghadapi rintangan yang ada guna menduduki singgasana tertinggi Maniac XI. Dengan total 10 tim yang melaju ke babak final, Maniac XI sukses digelar secara offline di Gedung Kedokteran Lt. 6 Ubaya.

Meliyana, mahasiswi Jurusan Teknik Informatika Program Multimedia Ubaya angkatan 2020 selaku Ketua Acara menuturkan bahwa Maniac XI terdiri dari tiga konsep lomba, yaitu rally games, game concept design, dan game asset design. ‘Babak penyisihan berupa rally games dengan tema teka-teki tentang multimedia,’ papar Meliyana. Dari 21 tim yang terdapat di babak tersebut, nantinya panitia akan menetapkan 10 tim untuk melaju ke babak final. ‘Bagi 10 tim yang lolos ke babak final, mereka akan membuat sebuah karya game concept design dan game asset design sesuai kreativitas masing-masing berdasarkan tema Maniac XI,’ sambungnya.

Dalam pelaksanaannya sendiri, Maniac XI digelar secara online melalui live streaming untuk babak penyisihan dan offline untuk babak final. Menurut Meliyana, pelaksanaan lomba secara hybrid tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang sudah mulai mereda. ‘Kami mengikuti perkembangan keadaan saat ini yang mana sekolah sudah mulai offline dan covid-19 juga sepertinya sudah mulai tertangani di Indonesia,’ ujarnya. Selain itu, keputusan tersebut juga diambil karena adanya keinginan untuk berinteraksi secara efektif baik antara juri dengan peserta maupun panitia dengan peserta.

‘Harapannya, Maniac dapat terus berkembang dan berjalanuntuk tahun berikutnya dengan peserta yang semakin banyak sertapelaksanaan secara full offline,’ tutur Meliyana. Selain itu, dengan dilaksanakannya kompetisi ini, Meliyana berharap peserta dapat memperoleh manfaat bahkan tertarik untuk memperdalam ilmu di bidang multimedia. ‘Sebab multimedia dapat mengasah kreativitas dan hard skill terkait seni,’ lanjutnya. Dengan begitu, para peserta nantinya bisa membuat sebuah karya seni di bidang game concept design dan game asset design.

Rangkaian acara Maniac XI ditutup dengan pengumuman pemenang oleh panitia. Hasil yang diperoleh, yaitu: Juara I dimenangkan oleh Tim Elbridge, Juara II dimenangkan oleh Tim Tuberkulosis, dan Juara III dimenangkan oleh Tim Semoga Sukses. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat, uang tunai, dan beasiswa USP jika para pemenang melanjutkan pendidikannya di Jurusan Teknik Informatika Program Multimedia Ubaya.(dhi)