Berkiprah Selama 40 Tahun, Fakultas Psikologi Ubaya Konsisten Bantu Masyarakat Perkotaan hayuning September 4, 2022

Berkiprah Selama 40 Tahun, Fakultas Psikologi Ubaya Konsisten Bantu Masyarakat Perkotaan

Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) ke-40 kembali digelar secara offline yang bertempat di Amphitheater Pakuwon City Mall Surabaya. Mengusung tema “Urban Life Across Lifespan”, acara ini bertujuanuntuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa bidang psikologi dapat berkontribusi dalam membantu berbagai permasalahan terutama di kota-kota besar. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada tanggal 3 hingga 4 September 2022. Sedikitnya ratusan partisipan dari kalangan Ubaya dan umum turut hadir dalam acara ini.

Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., selaku Rektor Ubaya memberikan sambutannya. “Empat puluhtahun adalah usia yang memasuki kedewasaan dan kematangan dalam menapaki perjalanan hidup manusia. Memasuki fase tersebut merupakan sebuah tantangan, tapi jika dapat mengelolanya dengan baik, maka akan membawa kita kepada tahap yang selanjutnya,” ujar Benny. Pada sambutannya, Benny juga mengatakan bahwa Fakultas Psikologi Ubaya menjadi salah satu fakultas terbaik di ranah Perguruan Tinggi Indonesia. “Fakultas psikologi merupakan bidang yang tidak pernah mati mengingat tantangan masa depan yang semakin sulit, sehingga ke depannya bidang ini akan sangat diperlukan selagi masih terjadi evolusi manusia,” ujar Benny.

Selain itu, Dr. Evy Tjahjono, S.Psi., M.G.E., selaku Dekan Fakultas Psikologi Ubaya turut memberikan sambutannya. “Senang sekali dapat merayakan ulang tahun yang ke-40 bersama-sama secara tatap muka, setelah dua tahun mengadakan secara virtual,” ujar Evy. Ia juga sedikit menyinggung tentang karya-karya yang telah dicapai oleh civitas akademika Fakultas Psikologi Ubaya selama empat puluhtahun berkiprah bersama. Tidak hanya itu, Evy juga mengibaratkan Fakultas Psikologi Ubaya sebagai sebuah dapur. “Di Fakultas Psikologi Ubaya sendiri kita punya koki-koki terbaik yang dapat meramu ilmu psikologi. Hal itulah yang menjadi alasan kita berada di sini hari ini,” sambung Evy.

Di gelar selama dua hari, Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka, S.Psi., M.Ed., selaku Dosen Fakultas Psikologi Ubaya sekaligus Ketua Pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini terdiri dari berbagai rangkaian acara, salah satunya talkshow. Pada hari pertama, hadir talkshow yang berjudul “How to Win Recruiter’s Heart?: Kupas Tuntas Sistem Rekrutmen Perusahaan” dan “Working in Harmony Across Generation”. Sedangkan pada hari kedua, terdapat empat talkshow berjudul “Parenting’s Hacks for Parent’s: Mendidik Anak dari Kecil Hingga Remaja”, “Menjajaki Masa Tua, Siapa Takut!”, “Menggali Bakat Menuju Keunggulan Pribadi”, dan “Body Image: Your Choice or Their Voice?” yang bertemakan keluarga. Tak lupa Honey juga menyampaikan harapannya untuk Fakultas Psikologi Ubaya ke depannya. “Besar harapan saya bahwa kita di hari ini tidak hanya berpikir tentang mengedukasi teori-teori, tetapi juga dapat mengaplikasi teori tersebut ke dalam masyarakat sehingga dapat menyelesaikan masalah di perkotaan,” tutup Honey.(yla,dhi)